Menikmati Kekayaan Budaya Oriental di Petak Sembilan Foto: PinkKorset/ Merida

Menikmati Kekayaan Budaya Oriental di Petak Sembilan

PinkKorset.com, Jakarta – Suasana perayaan Imlek atau Tahun Baru China yang jatuh pada Jumat (31/1/2014) sangat kental terasa di kawasan petak sembilan, Glodok, Jakarta Barat.

Spanduk-spanduk berwarna merah bertuliskan “Gong Xi Fat Cai” serta dekorasi lampion dan bendera-bendera warna merah, menghiasi bagian depan Wihara Dharma Bhakti atau Klenteng Petak Sembilan.

Lalu lalang orang yang keluar masuk ke dalam wihara, serta ramainya pedagang yang menjajakan bunga di pintu masuk wihara, mewarnai suasana siang menjelang perayaan Imlek.

Sementara di dalam wihara, ratusan kaum dhuafa yang kebanyakan terdiri dari perempuan dan anak-anak, duduk berjejer di area depan komplek yang sudah diberi batas garis polisi. Beberapa petugas keamanan terlihat berkeliling wihara.

Para awak media ataupun pelancong pun tidak ketinggalan. Mereka mengabadikan momen istimewa tahunan ini sambil berbaur dengan aktivitas di dalam wihara.

Keluar dari wihara, Anda akan mendapati para pedagang menjajakan kue-kue khas imlek seperti kue keranjang, bakpao, lalu buah-buahan seperti jeruk, apel di sepanjang gang. Tak ketinggalan berbagai pernak-pernik seperti lampion, hiasan bunga sakura, amplop angpao, cheongsam aneka dan ibu-ibu yang melayani jasa penukaran uang, turut berjejer di area pasar.

Menurut Agustianti, pedagang kue-kue imlek di depan wihara, suasana ini masih terhitung sepi dibandingkan tengah malam atau esok pagi, saat-saat puncak dari perayaan Imlek. “Ini belum seberapa, nanti malam sama besok pasti lebih ramai lagi,” ujarnya saat ditemui PinkKorset, Kamis (30/1/2014).

Sementara itu dari salah satu gang di kawasan pecinan ini mulai terdengar tabuh-tabuhan alat musik yang biasa digunakan dalam pertunjukan barongsai.

Tak hanya itu, di sepanjang jalan pasar anda juga akan berpapasan dengan warga yang asyik berbelanja untuk menyambut perayaan imlek. Ya, perayaan Imlek memang sangat kental terasa di wilayah ini.

Suasana serupa juga terlihat di Wihara Dharma Jaya “Toasebio” yang tak jauh terletak dari Wihara Dharma Bhakti. Di kawasan ini memang tak hanya memiliki satu wihara. Nuansa merah mendominasi interior semua wihara, yang berhiaskan lilin-lilin merah besar.

Tertarik berkunjung kesana sekaligus menikmati kekayaan budaya oriental dan menapak tilas kawasan sejarah di Jakarta? Petak Sembilan pantas menjadi tujuan Anda.