Menikmati Spiritualitas Dalam Sketsa Stupa Foto: PinkKorset/ Merida

Menikmati Spiritualitas Dalam Sketsa Stupa

PinkKorset.com, Jakarta – Pameran tunggal budayawan dan ilmuwan Dr. FX Mudji Sutrisno SJ kali ini menawarkan hasil coretan tangan yang cukup unik, yakni stupa aneka warna. 

Pameran ke-5 yang bertajuk “Dari Stupa ke Stupa” diselenggarakan 9-17 Januari 2014 di Galeri Cipta III, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Lelaki yang akrab dipanggil Romo Mudji ini menuturkan, pameran kali ini menampilkan berbagai sketsa stupa yang dibuat selama tahun-tahun perjalanannya ke berbagai negara di Asia Tenggara.

Sketsa berupa tempat suci bagi umat Budha ini dipilih karena kedalaman pengalaman religiusitas yang dialaminya, saat memahami stupa sebagai tema serupa untuk beribadah dengan sang Ilahi.

“Saya sudah lima kali perjalanan ke Asia Tenggara. Setiap ke candi-candi itu, saya merenungi stupa ke stupa. Setelah saya pahami sedalam-dalamnya, saya merasa bahwa masuk stupa itu sama dengan masuk doa hening di Katedral, dan tempat lainnya. Ini yang saya coba rangkum dalam pameran kali ini,”ujarnya saat ditemui PinkKorset, Rabu (8/1/2014).

Tak seperti pameran yang sebelumnya yang selalu menampilkan sketsa berwarna hitam putih, dalam pameran kali ini, Romo Mudji menampilkan hasil karyanya dengan dominasi warna hijau, merah dan kuning yang memberikan makna religius.Salah satunya kuning, yang menggambarkan bentuk kejayaan.

“Kali ini saya mencoba mengungkap sketsa berwarna karena di Kathmandu Nepal, dalam perziarahan dari stupa ke stupa, saya terpukau siraman warna-warna ritus suci merah, kuning dan hijau di puncak-puncak stupa untuk bersyukur, merayakan hidup dengan meriah,”paparnya.