Merebus Telur Paskah dengan Sempurna Foto: easter

Merebus Telur Paskah dengan Sempurna

PinkKorset.com, Jakarta – Kegiatan seru pada perayaan Paskah adalah menghias telur. Namun, sebelum memulai kegiatan ini, jangan lupa pastikan telur sudah matang sempurna.

Dengan telur rebus matang, si kecil tidak hanya akan memiliki media yang sempurna untuk dihias. Tapi kulit telur juga akan mudah dikupas, untuk kemudian disantap.

Untuk membantu Anda mendapatkan telur rebus yang matang sempurna, ada tiga metode merebus yang bisa dilakukan.

Kompor

Merebus Telur Paskah dengan Sempurna

Siapkan beberapa butir telur berukuran sedang, air, dan sejumput garam. Di atas kompor, tempatkan telur dalam sebuah panci besar. Tuang air yang cukup untuk menutupi seluruh bagian telur. Taburkan garam. Panaskan panci dengan api sedang-tinggi sampai mendidih.

Setelah telur mulai mendidih, angkat panci dari atas kompor. Biarkan telur berada di dalam panci berisi air panas tersebut selama 15 menit. Tutup rapat. Setelah itu, pindahkan telur ke dalam wadah berisi air dingin.

Microwave

Merebus Telur Paskah dengan Sempurna

Siapkan beberapa butir telur berukuran sedang  dan 1 cangkir air, sekitar 237 ml. Ambil wadah yang aman untuk microwave dan tuang air ke dalamnya. Panaskan dengan microwave sekitar 3 menit, tidak perlu mendidih.

Lalu, tempatkan telur dengan hati-hati ke dalam wadah, dan tutup. Dengan kekuatan 50 persen, merebus telur dengan microwave hanya butuh waktu delapan menit.

Oven

Merebus Telur Paskah dengan Sempurna

Siapkan beberapa telur berukuran sedang dan cupcake timah. Pertama, panaskan oven sampai suhu 163 derajat Celsius. Kemudian, tempatkan telur dalam setiap lubang cupcake timah, ditambahkan sedikit air.

Panggang telur selama 30 menit. Setelah itu, keluarkan dengan hati-hati dari oven lalu rendam telur ke dalam air dingin selama 10 menit.

Pressure Cooker

Merebus Telur Paskah dengan Sempurna

Siapkan beberapa telur berukuran sedang dan kertas timah. Di dalam wadah untuk presure cooker, atur telur diantara kertas timah untuk menjaga telur tidak terguling dan retak.

Jika ingin memasak telur lebih banyak, tempatkan lapisan timah di atas lapisan pertama telur. Atau letakkan telur di baking cups berbahan silikon, sehingga bisa ditumpuk.

Butuh waktu 6 menit untuk pressure cooker listrik untuk mencapai tekanan rendah , 6 menit untuk memasak dan 6 menit untuk melepaskan tekanan secara alami.

Setelah tekanan turun, keluarkan telur dan rendam dalam air dingin.

—-

Setelah dingin, telur pun siap dihias.  Anak-anak akan dengan ceria mewarnai, menghiasi, kemudian mempersembahkannya untuk seluruh anggota keluarga.