Merugi, Sony Ingin Lepas Divisi Vaio Foto: inferse

Merugi, Sony Ingin Lepas Divisi Vaio

PinkKorset.com, Tokyo – Sony Corporation tampaknya serius ingin berpisah dengan divisi personal computer (PC) Vaio miliknya, yang belakangan ini terus merugi.

Sony saat ini dikabarkan sedang dalam pembicaraan intensif dengan perusahaan investasi Japan Industrial Partners Inc (JIP) yang berniat membeli Vaio. Demikia dilansir Kantor Berita Reuters, di Tokyo, Rabu (5/2/2014).

JIP adalah spesialis penyembuhan perusahaan dan kerap melakukan akuisisi aset perusahaan non-inti. Mereka tampaknya akan membentuk sebuah firma baru yang akan mengambil alih operasi PC Sony di Jepang.

Perusahaan baru tersebut yang nantinya akan meneruskan penjualan Vaio. Rincian mengenai keuangan dan kepemilikan saham di perusahaan baru tersebut masih dinegosiasikan.

Tidak hanya itu. Sony juga dikabarkan mempertimbangkan untuk menarik diri dari pasar PC di luar negeri. Hal ini karena tersendatnya penjualan PC tradisional di tengah meroketnya popularitas smartphone dan tablet.

Berdasarkan data lembaga riset Gartner Inc, penjualan PC di seluruh dunia pada 2014 diperkirakan turun 7% mencapai 278 juta unit. Sementara ponsel tahun ini diperkirakan mendominasi penjualan perangkat secara keseluruhan, dengan jumlah pengiriman naik 5% menembus 1,9 juta unit.

Sebelumnya, harian bisnis Nikkei melaporkan divisi PC Vaio akan dijual seharga 50 miliar yen atau sekitar US$493 juta, dan Sony hanya mendapatkan sedikit saham di perusahaan baru tersebut.

Penjualan bisnis PC tersebut akan menyebabkan terjadinya kerugian, dan bisa membuat Sony membukukan rugi bersih untuk kali pertama dalam dua tahun pada tahun fiskal yang berakhir 31 Maret. Sony dijadwalkan melaporkan hasil kuartalannya besok.