Meski Sehat, Jangan Berlebih Konsumsi Makanan Ini [google]

Meski Sehat, Jangan Berlebih Konsumsi Makanan Ini

PinkKorset.com – Makanan sehat dan bernutrisi tinggi tentu baik bagi tubuh. Namun, sebaiknnya jangan mengkonsumsinya secara berlebih.

Banyak orang berpikir makanan sehat boleh dikonsumsi sebanyak mungkin, karena manfaat yang diperoleh juga semakin besar. Ternyata pendapat tersebut tidak benar.

Beberapa sumber gizi di bawah ini justru menimbulkan efek negatif jika dikonsumsi terlalu banyak. Apa saja?

Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu makanan super yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, mengonsumsinya terlalu banyak bisa memicu terjadinya penipisan darah, pendarahan hebat, masalah pencernaan, sakit kepala, hingga kelelahan.

Lalu, berapa jumlah yang tepat dikonsumsi harian? Ternyata tidak boleh lebih dari empat siung per hari.

Kedelai

Kedelai yang banyak ditemui pada tempe dan susu kedelai, dikenal dapat membantu menurunkan kolesterol, sekaligus menjaga tekanan darah. Namun, mengonsumsi kedelai dalam jumlah yang sangat tinggi bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti menurunkan kemampuan tubuh menyerap zat besi hingga menyebabkan hiperplasia endometrium.

Kondisi ini, merupakan perforasi pada lapisan rahim perempuan. Karenanya, kita dianjurkan untuk tidak mengonsumsi lebih dari dua porsi kedelai dalam sehari.

Jeruk dan Tomat

Jeruk memang sumber vitamin C yang sangat bagus. Namun, buah berwarna oranye ini juga mengandung asam yang tinggi. Setidaknya, sebuah penelitian telah menemukan bahwa makan terlalu banyak jeruk bisa menyebabkan refluks asam lambung. Demikian juga tomat yang memiliki dampak serupa.

Inilah mengapa Anda tidak dianjurkan mengonsumsi dua makanan ini lebih dari dua buah sehari.

Bayam

Kandungan nutrisi yang melimpah pada daun bayam menjadikannya sebagai sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain baik untuk diet, sayuran hijau ini juga digunakan untuk melawan kanker, menjaga kesehatan mata, tulang dan kulit. Serta menurunkan tekanan darah tinggi, risiko diabetes dan mencegah anemia.

Namun, mengonsumsi terlalu banyak bayam mentah bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal. Untuk Anda yang sudah memiliki kalsium oksalat batu ginjal, justru disarankan untuk menghindari konsumsi bayam.

Air

Memaksa minum terlalu banyak air bisa mengakibatkan keracunan air. Air sendiri mampu mencairkan kadar natrium, yang pada akhirnya bisa mengakibatkan fungsi otak terganggu, bahkan kematian. Karenanya, air termasuk dalam salah satu makanan sehat yang berbahaya jika dikonsumsi berlebihan.

Banyak penelitian menganjurkan minum air cukup 7- 8 gelas atau dua liter per hari.