Miliuner dari Tiongkok Bikin Malaysia Galau [st]

Miliuner dari Tiongkok Bikin Malaysia Galau

PinkKorset.com – Usianya baru 26 tahun dan mengaku sebagai orang kaya termuda dari negaranya, Tiongkok. Ia menjanjikan kekayaan pada warga Malaysia tanpa perlu bekerja. Kok bisa?

Wajahnya terpampang di berbagai billboard di Negeri Jiran, mempromosikan sebuah skema cepat kaya. Sayangnya, perusahaan Yun Shu Mao yang mempromosikan skema ini sudah dilarang di Tiongkok.

Sebagai pendirinya, pemuda bernama En Zhang Jian ini sudah digelandang polisi hingga lima kali. Namun tetap saja, dalam iklan-iklannya di internet, mereka menjanjikan bisa cepat kaya dan punya mobil mewah tanpa harus bekerja.

Caranya, cukup berinvestasi 300 ringgit atau sekitar Rp1,1 juta. Investor akan dijanjikan pendapatan senilai 2.700-6.800 ringgit per bulan atau sekitar Rp10-25 juta, tanpa harus menggerakkan satu jari sekalipun.

Menurut beberapa laporan, Zhang mengklaim dirinya sebagai calon orang terkaya sedunia. Ia juga mengaku sebagai miliuner termuda di Tiongkok yang mengusahakan kekayaannya sendiri (self-made millionaire).

Sumber di kepolisian meyakini, skema ini merupakan pelanggaran hukum yang berada dalam yurisdiksi bank sentral Malaysia, Bank Negara. Padahal di Tionghoa, sudah banyak pengguna internet (netizen) mewanti-wanti tipuan Yun Shu Mao.

Aparat Tiongkok kini kelabakan mengatasi skema yang sudah menyebar ke 28 provinsi dan melibatkan 190 ribu orang ini. Agustus tahun lalu, polisi di delapan provinsi menangkap 33 orang yang terlibat skema tersebut.

UU di Tiongkok melarang individual dan perusahaan menjalankan multi-level marketing atau skema piramida di negara itu. Aparat Malaysia menjalin hubungan dengan Kedubes Tiongkok di negara itu untuk mengatasi hal ini.

Anda yang berada di Indonesia, tak ada salahnya mewaspadai munculnya skema ini atau bentuk penipuan lainnya.