WHO: Miras Bunuh 3 Juta Nyawa per Tahun [smh]

WHO: Miras Bunuh 3 Juta Nyawa per Tahun

PinkKorset.com – Badan kesehatan WHO menyatakan penyalahgunaan alkohol membunuh lebih dari tiga juta nyawa setiap tahunnya.

Penyalahgunaan alkohol berkaitan erat dengan 200 jenis penyakit serta berhubungan dengan kekerasan dan kecelakaan.

Masyarakat di Eropa merupakan konsumen alkohol terbesar, di tengah peningkatan tajam konsumsi alkohol di India dan Tiongkok. Sementara hampir setengah populasi orang dewasa dunia tidak pernah mengkonsumsi alkohol sama sekali.

“Harus ada upaya serius untuk melindungi populasi dari konsekuensi negatif dari konsumsi alkohol,” ujar Oleg Chestnov, pakar WHO di bidang wabah kronis dan gangguan mental.

Sebagai perbandingan, menurut laporan WHO setiap orang berumur 15 tahun ke atas meminum 6,2 liter alkohol murni setiap tahunnya. Sedangkan, kurang setengah populasi, atau 38,3%, mengkonsumsi alkohol, sehingga konsumsi total per orang per tahunnya sekitar 17 liter.

Kepala Divisi Gangguan Mental dan Penyalahgunaan Obat-obatan WHO Shekar Saxena menyatakan kaum miskin lebih rentan dengan efek konsumsi alkohol. Hal ini karena mereka memiliki kualitas kesehatan yang rendah dan cenderung tidak dilindungi keluarga dan jaringan komunitas yang baik.