Misteri Korea Utara Perlahan Terungkap [AP/newscomau]

Misteri Korea Utara Perlahan Terungkap

PinkKorset.com – Tak ada negara yang begitu misterius seperti Korea Utara. Penduduk dunia selalu penasaran, seperti apa sih kehidupan di negara ini?

Perlahan tapi pasti, Korea Utara mulai membuka dirinya untuk turis. Tapi sebelum Anda benar-benar mengunjunginya, ada beberapa hal yang patut diketahui. Bersiaplah untuk berhadapan dengan propaganda besar-besaran dan aturan-aturan tak umum.

Memuja Pemimpinnya

Propaganda adalah salah satu hal terhebat negara ini. Semua warganya yakin pemimpin mereka, Kim Jong Un, memiliki banyak catatan pencapaian militer dan berbagai bidang lain. Bahwa ia seseorang yang merakyat dan family man. Bahwa mendiang ayahnya, Kim Jong Il, merupakan ‘utusan Tuhan’ dan pernah mencetak lima hole in one saat pertama kali main golf. Bahwa kakeknya yang pendiri negara itu, Kim Il-Sung, punya kekuatan gaib. Saat bertemu pemimpinnya, umumnya warga menangis penuh haru.

Boleh dan Tidak Boleh

Anda diizinkan membawa ponsel ke Korea Utara dan membeli kartu SIM lokal, meski bisa mendapat sinyal saja sudah beruntung. Minta izin pada pemandu sebelum mengambil foto. Memotret serdadu, check point, kemiskinan, foto candid serta close-up tanpa izin bisa membuat Anda berada dalam masalah. Benda-benda yang berhubungan dengan agama seperti kitab suci, terlarang di negara ini. Anda boleh saja berbicara dengan warga, tapi biasanya mereka enggan berbicara dengan orang asing karena ketatnya aturan dari pemerintah.

Lencana di Dada Warga

Setiap warganya mengenakan lencana Kim alias ‘Kim Pin’ di dada kiri mereka. Lencana ini bergambar foto kedua mendiang Kim yang pernah memimpin mereka. Ini saja sudah cukup membedakan, mana warga dan mana turis. Sebab, lencana ini tak dijual bebas. Mereka mendaptkannya pada acara khusus.

Uang Lokal tak Bisa Dipakai

Mata uangnya won Korea tapi warga asing tak diizinkan menggunakannya. Mata uang yang bisa Anda gunakan adalah dolar Amerika, euro, atau yuan Tiongkok.

Bukan Tahun 2014

Di negara ini, tahunnya adalah 103 dan bukan 2014. Ini terhitung sejak hari lahirnya sang pendiri negara, Kim Il-Sung, pada 15 April 1912.

Banyak Membungkuk

Kunci penting wisata di Korea Utara adalah penghormatan terhadap pemimpinnya. Ini berarti Anda sebaiknya membungkuk untuk memberi penghormatan pada patung Kim Il-Sung dan Kim Jong Il, dimanapun patung itu diletakkan.

Di Ibukota Pyongyang, ada banyak. Pilihan Anda antara meletakkan bunga atau bolak-balik membungkuk. Anda yang berkeliling negeri juga tak perlu ‘khawatir’, patungnya ada di mana-mana.

Baca Juga: Apa yang Korea Utara Sembunyikan?