Mitos dan Fakta Seputar Rambut Foto: She Knows

Mitos dan Fakta Seputar Rambut

PinkKorset.com, Jakarta – Pernah dengar beberapa mitos seputar rambut, seperti menyisir sepuluh kali akan membuatnya halus dan bersinar? Mitos atau fakta?

Ada banyak mitos yang kian lama berubah menjadi sesuatu yang dipercaya masyarakat. Soal rambut, banyak yang simpang siur. Mana yang mitos dan apa faktanya?

Mitos: Stres Menyebabkan Kerontokan

Kerontokan rambut lebih disebabkan oleh faktor genetik. Jika hampir seluruh anggota keluarga mengalami masalah kerontokan rambut, berarti hal tersebut bisa jadi merupakan faktor genetik. Konsultasikan dengan ahli jika memang kerontokan rambut menimbulkan masalah untuk Anda.

Mitos: Menyisir 100 Kali Sehari Bisa Bikin Rambut Bersinar

Menyikat rambut memang membantu mendistribusikan minyak dari akar rambut hingga ke ujung rambut. Namun, tak perlu menyisirnya hingga 100 kali sebab jika dilakukan terlalu sering dan kasar, rambut justru menjadi lemah dan pecah. Cukup sisir ringan hingga rambut halus dan rapi. Jangan lupa untuk memilih sisir yang sesuai dengan bentuk rambut.

Mitos: Membilas Rambut dengan Air Dingin Membuatnya Lebih Bersinar

Bisa jadi ini benar. Kutikula kutikula rambut akan berada dalam posisi berbaring ketika terpercik air dingin. Akibatnya, kutikula terlihat memantulkan cahaya lebih yang membuat rambut terlihat lebih bersinar dan sehat. Namun, ini hanya bersifat sementara. Tetap gunakan kondisioner serta serum yang membuat rambut bersinar.

Mitos: Mencabut Uban Menyebabkan Rambut Putih Bertambah

Jumlah rambut di masing-masing folikel telah ditentukan, biasanya satu hingga empat helai di setiap folikel. Namun, hanya rambut beruban yang takkan meningkatkan jumlahnya sehingga jika dicabut terus menerus bisa menimbulkan kerusakan pada akar rambut dan lebih jauhnya, kebotakan. Lebih baik tutupi dengan cat rambut.

Mitos: Jangan Setia dengan Satu Merek Shampo

Mengapa shampo yang biasanya Anda gunakan dan cocok tiba-tiba menimbulkan masalah seperti ketombe dan lain-lain? Apakah karena merek itu tak lagi cocok dan berarti Anda harus menggantinya dengan merek lain? Tunggu dulu! Mengganti-ganti merek bukanlah solusi yang tepat. Masalah pada rambut bisa saja terjadi karena penumpukan kondisioner dan styling rambut.