Monokini Untuk Perempuan Mastektomi [monokimi]

Monokini Untuk Perempuan Mastektomi

PinkKorset.com – Pengangkatan payudara memang salah satu fakta yang sulit dihadapi perempuan. Terutama karena hilangnya anggota tubuh yang dianggap paling menonjolkan sisi femininitas.

‘Siapa bilang Anda perlu dua (payudara)?’ Pertanyaan ini terlontar dari sekelompok penderita dan pendukung kanker payudara yang mendirikan Monokini 2.0.

Monokini 2.0. adalah sebuah proyek seni sosial yang fokus pada pakaian renang khusus untuk perempuan yang telah menjalani mastektomi.

Menurut mereka, setelah mastektomi, fokus terkini pada rekonstruksi payudara sebagai satu-satunya cara bagi perempuan untuk bangkit kembali, adalah dengan membenahi cara pandang terhadap payudara.

“Kami ingin membangun citra diri yang positif terhadap perempuan yang mengalami mastektomi,  dengan menunjukkan bahwa Anda bisa tampil utuh, cantik dan seksi bahkan hanya dengan satu payudara atau tanpa payudara sama sekali.”

Monokini 2.0 menampilkan karya dari tujuh perancang busana asal Finlandia dan Amerika Serikat, serta beberapa model yang telah kehilangan salah satu atau kedua payudara karena mastektomi.

Proyek ini merupakan gagasan dari Elina Halttunen, survivor kanker payudara. Dalam rilisnya, ia menjelaskan ide datang dari pengalamannya sendiri, setelah payudaranya diangkat.

“Saya tidak ingin menyembunyikan, saya tidak ingin berhenti berenang, saya tidak ingin menjalani operasi bedah plastik lain, dan saya tidak ingin dipaksa untuk menggunakan prosthesis yang tidak nyaman di pantai,”ujarnya.

“Saya ingin merasa bebas dan aktif seperti yang saya lakukan sebelum mengalami kanker dan saya cukup yakin bahwa ada orang lain di luar sana seperti saya.”

Kelompok ini berharap memperoleh dana untuk proyek pada skala yang lebih luas melalui Kickstarter , yang dirilis pada 30 Mei kemarin.

Berikut beberapa rancangan monokini mereka