Mudik dengan Motor? Angkut Saja dengan KA [kompas]

Mudik dengan Motor? Angkut Saja dengan KA

PinkKorset.com, Jakarta – Bila Anda berniat mudik dengan membawa serta sepeda motor, kesempatan untuk mendaftarkan angkutan gratis mudik sepeda motor dengan kereta api, masih terbuka.

Ya. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperpanjang masa pendaftaran angkutan gratis mudik sepeda motor ini hingga Jumat (23/5/2014) mendatang, dari yang semula ditutup Minggu (18/5/2014).

Melansir laman Sekretariat Kabinet, Selasa (20/5/2014), Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub memastikan, saat ini masih tersedia kuota untuk para penumpang dan motor.

Para pemudik yang berminat, bisa membeli tiket KA mantap Lebaran dan KA Kutojaya, dan mendaftarkan motornya untuk diangkut secara gratis di Kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat No. 8, Jakarta Pusat.

Caranya mudah. Cukup menunjukkan identitas diri (KTP) dan STNK asli serta melampirkan fotokopi KTP dan STNK.

Para calon penumpang akan mendapatkan salinan (copy) tiket penumpang yang telah distempel petugas. Salinan tiket tersebut dapat ditukarkan dengan tiket asli pada saat pengiriman motor.

Penyerahan motor diterima 1 hari sebelum keberangkatan sampai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA. Namun, bila calon penumpang membatalkan pengiriman motor, maka secara otomatis tiket yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan (hangus).

Kemenhub juga mengakomodasi pembelian tiket Pergi Pulang dengan tujuan yang sama untuk maksimal 4 (empat) orang dengan syarat menunjukkan dan melampirkan fotokopi Kartu Keluarga dan KTP.

Rute atau lintasan yang dilayani mudik angkutan sepeda motor dengan kereta api yaitu Cirebon, Tegal, Semarang Poncol, Kutoarjo, Lempuyangan (Yogyakarta) dan Solo Jebres.

Angkutan sepeda motor gratis diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Gudang atau JAKG dengan Kereta Api Kuto Jaya Utara menuju Stasiun Kejaksan (Cirebon), Tegal, Semarang Poncol. Untuk tujuan Kutoarjo, Lempuyangan (Yogyakarta) dan Jebres ( Solo) dengan KA Mantab (Madiun Tanah Abang).

Periode perjalanan angkutan sepeda motor gratis arus mudik, akan dimulai pada 21 Juli 2014  (H-7) sampai 25 Juli 2014 (H-3). Kemudian untuk arus balik dimulai pada 1 Agustus 2014 (H+3) sampai 5 Agustus 2014 (H+7).

Hingga Minggu (18/5/2014) kemarin, jumlah calon penumpang KA Mantap Lebaran dan KA Kutojaya yang telah membeli tiket sebanyak 5.052 orang (pp).Sementara jumlah motor yang telah terdaftar sebanyak 1.527 motor (pp).

Adapun tiket penumpang keberangkatan pada 25 Juli 2014 dengan KA Mantap Lebaran tujuan Solo, Jebres telah habis terjual.