NASA Temukan 1.700 Planet Baru Foto: guardianlv

NASA Temukan 1.700 Planet Baru

PinkKorset.com, Ner York –  Badan Antariksa AS (NASA) mengatakan, jumlah keseluruhan planet yang ditemukan di luar sistem tata surya (exoplanets) mencapai 1.700 planet.

Penemuan ini memasukkan 715 planet yang baru ditambahkan, termasuk empat planet berukuran 2,5 kali bumi. Empat planet tersebut memiliki jarak ideal dengan bintang induk mereka dan memiliki lapisan air, yang merupakan kunci kehidupan.

Teleskop Kepler milik NASA menemukan 961 planet, sebelum teleskop tersebut mengalami masalah teknis. Kepler diluncurkan pada 2009 dan bekerja selama empat tahun mengamati 160 ribu bintang yang dicermati, untuk melihat tanda-tanda planet yang melintas.

Jika temuan Kepler ditambahkan temuan teleskop lain, maka jumlah planet di luar tata surya yang ditemukan mencapai hampir 1.700 buah.

“Jumlahnya hampir dua kali lipat planet yang diketahui umat manusia,” kata astronom Douglas Hudgins, ketua eksplorasi exoplanets di markas NASA di Washington, Jumat (28/2/2014),

Temuan planet-planet baru ini membuktikan bahwa planet kecil yang berukuran 2-3 kali bumi jumlahnya cukup banyak di galaksi.

Exoplanet juga memiliki keluarga, seperti Tata Surya yang memiliki delapan planet plus Pluto dan planet-planet kerdil lainnya.

Bedanya,planet-planet temuan Kepler relatif berdekatan dengan bintang induknya, lebih dekat dari jarak Venus ke matahari yang sekitar 108 juta kilometer.