Nostalgia Telenovela Kesayangan Indonesia [fanpop]

Nostalgia Telenovela Kesayangan Indonesia

PinkKorset.com – Wow, sudah hampir dua dekade lalu telenovela adalah tontonan wajib penikmat televisi di Indonesia. Yuk, nostalgia tayangan latin yang pernah terkenal di Tanah Air.

Serial-serial drama yang mirip sinetron inibooming di seluruh dunia pada 1990-an hingga awal 2000. Kata telenovela berasal dari television dan novela. Di Tanah Air, mayoritas penggemarnya adalah ibu rumah tangga.

Generasi saat ini mungkin masih anak-anak atau remaja saat televonela jadi tontonan ‘wajib’. Tapi, tak ada salahnya kita mengenang kembali derai tawa dan tangisan air mata Thalia dan kawan-kawan.

Maria Mercedes

Telenovola yang tayang pada 1992 ini memiliki 73 episode. Thalia memerankan Maria Mercedes, seorang penjual lotre yang menikah dengan pemuda sakit-sakitan bernama Santiago. Begitu meninggal, Maria yang janda mendapat seluruh harta suaminya.

Namun, kakak ipar Santiago yang bernama Malvina, membenci Maria. Ia menyuruh putranya, Jorge Luis, untuk memanfaatkan cinta Maria. Tapi Jorge malah jatuh cinta sungguhan. Thalia pun menjadi idola hingga bisa berkarir di Hollywood.

Marimar

Proyek Thalia selanjutnya ini memiliki 175 episode dan tentang gadis miskin bernama Marimar. Ia dipermainkan karena tak bisa bersosialisasi. Sempat dipenjara, Marimar yang sakit hati kemudian berniat balas dendam pada mantan suaminya, Sergio.

Esmeralda

Tangan dingin Beatriz Sheridan yang sukses menggarap Maria Mercedes, kembali lagi dengan telenovela yang tayang pada 1997 dengan 137 episode ini. Esmeralda adalah gadis tuna netra yang jatuh cinta pada Jose Armando, laki-laki yang dibesarkan ibu kandungnya.

Cinta Paulina

Tayang pada 1998, telenovela ini berkisah mengenai si kembar Paula dan Paulina yang terpisah sejak lahir. Paulina gadis miskin yang lemah lembut dan Paula yang angkuh menikah dengan pria kaya. Mereka bertemu dan masalah timbul saat mereka bertukar peran.

Rosalinda

Ketika kalinya Thalia bekerja sama dengan Beatriz Sheridan dan sukses besar. Rosalinda, gadis penjual bunga, jatuh cinta pada pemuda tampan yang kaya, Fernando Jose. ‘Musuh’ Rosalinda amat klasik, yakni ibu mertuanya sendiri.

Carita de Angel

Nama Dulce Maria booming karena telenovela ini. Pemerannya, Daniela Aedo Santana, jadi tekenal luar biasa. Ini kisah suka duka gadis cilik yang tinggal bersama sang ayah setelah ibunya meninggal dunia.

Amigos

Ayo mengaku, ABG mana yang tak suka nonton Amigos? Telenovela ini berkisah mengenai murid-murid sekolah prestisius bernama Institut Vidal. Lagunya yang catchy dan mudah dihapalkan, membuatnya semakin tenar. Martin Ricca (Pedro) dan Belinda Peregrin (Ana) langsung jadi idola.

Betty La Fea

Tampaknya, ini penghujung pamor telenovela. Tak banyak lagi telenovela yang diputar setelah Betty. Meski begitu, Betty La Fea cukup sukses karena Hollywood sempat membuat remake-nya, Ugly Betty. Bahkan, juga hadir di Jerman (Verliebt in Berlin) dan India (Jassi Jaissi Koi Nahin).