Nyamuk Mematikan Muncul di Amerika [wallstreetotc]

Nyamuk Mematikan Muncul di Amerika

PinkKorset.com, Western Massachusetts – Otoritas kesehatan Amerika Serikat (AS) melaporkan munculnya nyamuk mematikan di wilayah timur.

Dinas kesehatan di Negara Bagian Massachusetts melaporkan hasil uji laboratorium di Plymouth County yang positif untuk EEE, sebuah virus mematikan yang bisa menyebabkan peradangan otak.

EEE juga berpotensi menyebabkan kematian dengan rasio satu dibanding tiga pasien. Virus ini umumnya dibawa oleh burung. Nyamuk menggigit burung tersebut dan menyebarkannya ke manusia saat menggigit.

“Nyamuk memang hewan yang tak umum karena bakteri bisa berkembang di pencernaannya dan keluar saat mereka menggigit manusia,” kata pakar serangga dari American Pest Solutions, Bob Russell.

Cara terbaik menghindari EEE adalah menghindari gigitan nyamuk. Otoritas kesehatan Amerika menyarankan baju lengan panjang, hindari daerah dengan banyak pepohonan atau basah, serta mengoleskan losyen antiserangga.

EEE atau Eastern equine enchepalitis yang menyerang Amerika dan Karibia, memang pertama terlacak di Massachussetts pada 1831 silam. Virus ini menyerang otak dan hingga kini belum ditemukan obatnya.

Gejala-gejala seperti demam, nyeri otot, kondisi mental yang berubah, pusing, iritasi otak, kerap merasa silau, hingga kejang, bisa terjadi pada 3-10 setelah tergigit nyamuk.