Obat dan Kosmetik Palsu di RI Banyak Beredar Foto: youtube

Obat dan Kosmetik Palsu di RI Banyak Beredar

PinkKorset.com, Jakarta – Tingkat peredaran obat dan komestik palsu di Indonesia ternyata masih tinggi.

Berdasarkan riset Victory Project di berbagai wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Malang dan Medan, dengan sildenafil sebagai sampel obat yang dibeli, menunjukan tingkat pemalsuan mencapai 45% dari 518 tablet.

Penelitian dilakukan terhadap 157 outlet, yang terdiri dari merupakan apotek (umum, jaringan dan rumah sakit), toko obat, penjual di pinggir jalan (khusus di Jakarta dan Surabaya), serta tiga situs yang menawarkan pembelian secara online.

Ketua Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan (MIAP), Widyaretna Buenasti mengatakan, hasil riset ini membahayakan, karena obat palsu selain mengakibatkan pasien tidak kunjung sembuh, dalam kondisi ekstrim obat palsu dapat menimbulkan kematian.

“Dengan kondisi tersebut, masyarakat diimbau perlu waspada, sebab obat palsu yang beredar memiliki bentuk fisik benar-benar mirip dengan yang asli, namun memiliki harga relatif lebih murah,”ujarnya di Pusat Kebudayaan Amerika Pacific Place Jakarta, Kamis (27/2/2014).

Sementara komestik sendiri saat ini masih diperjualbelikan di kios-kios sentra perdagangan, baik tradisional maupun modern.