Orang Indonesia Suka Gonta-ganti Mobil

PinkKorset.com – Pola hidup konsumtif serta peningkatan pendapatan memicu kebiasaan orang Indonesia untuk gonta-ganti mobil.

Survei yang yang bertajuk ‘Nielsen Global Survey of Automotive Demand’ menunjukkan, bahwa 9 dari 10 orang Indonesia memiliki keinginan untuk mengganti mobil.

Jajak pendapat dilakukan Nielsen pada periode 14 Agustus hingga 6 September 2013 terhadap lebih dari 30 ribu konsumen online di 60 negara.

“Konsumen di Indonesia, dan khususnya konsumen kelas menengah, sangat aspirasional. Seiring meningkatnya pendapatan, mereka ingin membeli hal-hal yang diinginkan dan dibutuhkan,” ujar Executive Director Consumer Insight, Nielsen Indonesia, Anil Antony, dalam laporannya yang dirilis pada pertengahan April 2014.

Menurutnya, banyak konsumen di Indonesia yang merasa tidak puas dengan mobil sedan dan ingin membeli kendaraan berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV). “Kebanyakan konsumen merasa tidak puas dan ingin membeli mobil yang lebih besar atau dengan fitur terkini,” ujarnya.

Dibandingkan negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara, Filipina memiliki niat tertinggi untuk mengganti mobil lama dengan yang baru, dengan angka 96%. Disusul Indonesia dengan 95%, Malaysia 93%, Thailand 89% dan Singapura 87%.

Kendati demikian, survei menemukan bahwa angka kepemilikan roda empat di kawasan Asia Tenggara masih rendah; Philipina (47%), Indonesia (46%), Singapura (40%), Thailand (18%) dan Malaysia (7%).