Orang Super Kaya RI Mencapai 834 Orang

PinkKorset.com, Jakarta – Jumlah orang super kaya (Ultra High Net Worth Individuals /UHNWIs) Indonesia pada 2013 mencapai 834 orang.

Menurut hasil riset The Wealth Report 2014 keluaran Knight Frank Indonesia, jumlah tersebut terbagi lagi dalam tiga kategori.

Kalangan super kaya dengan aset investasi lebih dari US$30 juta atau setara Rp 343,2 miliar, mencapai 626 orang.

Kemudian super kaya (centa) dengan aset investasi hingga US$100 juta atau Rp1,1 triliun, sebanyak 185 orang.

Sedangkan kategori super kaya (miliarder) dengan aset investasi lebih dari US$100 juta atau miliarder, mencapai 23 orang. Kategori terakhir inilah yang biasanya masuk dalam daftar peringkat orang terrkaya versi Forbes.

Associate Director Consultancy and Research Knight Frank Indonesia, Hasan Pamudji, mengatakan, penghitungan jumlah aset investasi tidak termasuk rumah tinggal utama.

Namun, hunian kedua, ketiga dan seterusnya di beberapa kota berbeda. Orang super kaya ini juga memiliki portofolio investasi di luar properti yakni saham, emas, dan barang mewah lainnya.

Menurut Hasan, tahun ini kecenderungan membeli properti masih sangat kuat. Demikian juga rencana berinvestasi rumah di luar negeri seperti Singapura, Australia, Inggris, dan Amerika.

Terlihat dari rencana kalangan super kaya ini pada 2014, yang 30% -nya menyatakan akan memperluas investasi portofolio di sektor properti.

:Ini mengindikasikan, bahwa sektor properti untuk tahun ini dan tahun-tahun mendatang masih akan bagus prospeknya, terutama properti mewah,” katanya, Kamis (20/3/2014).