Pabrik Kondom Terbesar Dunia, dari Rasa Coklat Hingga Ganja Foto: google

Pabrik Kondom Terbesar Dunia, dari Rasa Coklat Hingga Ganja

PinkKorset.com, Johor – Malaysia terkenal sebagai penghasil karet terbesar dunia. Namun, tidak banyak yang tahu kalau negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam ini memiliki perusahaan produsen kondom terbesar dunia.

Terletak di kota Johor Darul Takzim, satu jam dari Singapura, Karex Industries sudah beroperasi sejak 23 tahun yang lalu. Dengan luas areal perusahaan mencapai 3,6 hektar dan 1.000 pekerja, Karex mampu memproduksi 2 miliar kondom setiap tahunnya. Karex

juga memiliki pabrik di Klang dan Hatyai, kota di dekat perbatasan Malaysia yang memproduksi 1 miliar kondom setiap tahun. Sehingga, secara keseluruhan total kondom yang diproduksi perusahaan ini mencapai 3 miliar kondom per tahun. Dengan menguasai 15% pasokan kondom dunia, Karex menjadi produsen kondom terbesar dunia.

“Kami sangat concern dengan permintaan kondom yang semakin meningkat di pasaran,” kata CEO Karex, Goh Miat Kiat.

Pabrik kondom ini memproduksi berbagai jenis dan warna kondom untuk memenuhi permintaan konsumen yang variatif. Misalkan Brasil, yang meminta aroma coklat untuk pasarnya.

“Negara yang lain, seperti Indonesia meminta kondom dengan aroma durian. Dan kami memproduksi aroma ganja untuk langganan kami di Amsterdam,” ujarnya.

Menurut Goh, aroma berasal dari ramuan sintetis sehingga tidak akan ada pengaruhnya secara fisik.

Keamanan kondom tersebut pun diuji sebelum dipasarkan untuk mencegah kerusakan dan kebocoran saat pemasaran dan atau saat sedang digunakan oleh konsumen. Di pabrik yang beroperasi selama 24 jam setiap hari ini, para pekerja mengendalikan proses produksi kondom dibantu mesin berteknologi tinggi untuk menjaga kualitas kondom yang dihasilkan.

Sebagai negara penghasil karet utama dunia, biaya produksi kondom di Malaysia menjadi relatif rendah. Tak heran, bila sepertiga produk Karex digunakan PBB dan berbagai pemerintah untuk mempromosikan hubungan seks yang sehat.

Kendati menjadi produsen terbesar kondom, nama Karex tidak terlalu populer. Ini karena produk Karex dikemas dengan merek internasional.  Namun, Karex juga memproduksi merk lokal yaitu Carex yang telah tersebar di 30 negara di dunia.