Paksa Lembur Hingga 200 Jam, Restoran Jepang Kena Sanksi Rp8 M

PinkKorset.com, Tokyo – Perusahaan yang terus menerus menekan pegawainya untuk lembur sebaiknya  mulai mawas diri.

Pengadilan Tokyo mewajibkan sebuah restoran di Jepang membayar denda 58 juta yen atau sekitar Rp8 miliar sebagai kompensasi kepada keluarga pegawainya yang bunuh diri akibat jam lembur yang tidak manusiawi.

“Dia hanya diberi satu hari libur selama beberapa bulan, akibat dari bekerja terus-terusan, secara psikologis, dia mengalami kelainan mental,” ujar hakim Akira Yamada.

Restoran steak Sun Challenge itu terbukti bersalah telah memperkerjakan pegawainya hingga 200 jam dalam sebulan. Tidak hanya itu. Ia juga mengalami kekerasan secara fisik dan verbal dari atasannya. Pegawai itu akhirnya bunuh diri November dua tahun lalu karena tertekan.

Korban, pegawai 24 tahun itu mulai bekerja di restoran Sun Challenge sejak 2007, dan diangkat menjadi manajer mulai 2009. Tujuh bulan sebelum mengakhiri hidupnya, ia kerja lembur rata-rata 190 jam sebulan dan hanya diizinkan mengambil libur selama 2 hari.

Di Jepang, UU Ketenagakerjaan melarang karyawan bekerja melebihi waktu. Namun, justru banyak karyawan yang dipaksa lembur, sehingga menyebabkan kelelahan mental dan fisik.