Pasar Otomotif 2014 di China Memanas Foto: berbagai sumber

Pasar Otomotif 2014 di China Memanas

PinkKorset.com, Beijing- Semua pabrikan asing besar melaporkan rekor penjualan di China sepanjang 2013. Bagaimana rencana ekspansi tahun ini?

“Volkswagen mungkin bakal melanjutkan pertumbuhan lebih dinamis ketimbang GM di China. Persaingannya bakal semakin panas,” tutur Frank Schwope, analis dari NordLB yang bebasis di Hanover, Jerman, dikutip dari Bloomberg, Senin (13/1/2014).

Mereka akan menghadapi persaingan dengan beberapa perusahaan raksasa lainnya, seperti Toyota Motor dan Hyundai Motor, ketika pemerintah berupaya memperketat penjualan mobil guna mengatasi polusi.

China saat ini sudah menjadi pasar otomotif terbesar di dunia. Namun, masih ada peluang menarik untuk tumbuh, mengingat jumlah kendaraan hanya sekitar enam persen dari populasinya, jauh di bawah Amerika Serikat yang menembus 80%, atau 36% di Korea Selatan.

VW berencana mengucurkan investasi senilai US$24,9 miliar di China hingga 2018. Perusahaan akan menggandakan jumlah model yang diproduksi di China menjadi lebih dari 35. VW mengandalkan penjualan mobil kompak Audi A3, merek mobil mewah paling laris di China, yang penjualannya melonjak 21% pada 2013.

Sedangkan Porsche, yang mengungguli pertumbuhan industri otomotif tahun lalu, setelah konsumen China kepincut pada SUV Cayenne dan sedan Panama, mengandalkan SUV Macan yang baru untuk mendongkrak pertumbuhan tahun ini.

Chief Executive Officer GM Mary Barra juga sudah bersiap merebut mahkota yang dipegangnya selama delapan tahun di China, dengan mengangkat Matthew Tsien sebagai kepala perusahaan yang baru untuk China.

GM, yang April lalu berencana menggelontorkan investasi US$11 miliar di China hingga 2016, akan meningkatkan line-up mobil murah Baojun pada tahun ini, dan memperkenalkan sembilan SUV baru atau yang diperbarui di China dalam empat tahun mendatang.

Pada 2013, Buick dan Cadillac memimpin pertumbuhan penjualan GM, sementara pengiriman Chevrolet kurang menggembirakan karena hanya mencatatkan kenaikan empat persen. Tahun ini, GM berencana merilis empat model Chevrolet anyar di China.

Penjualan 2013 Catatkan Rekor

Asosiasi Industri Otomotif China di Beijing memperkirakan penjualan 2014 kemungkinan menembus 24 juta unit. Setelah tahun kemarin menembus 20 juta unit, tepatnya 21,98 juta kendaraan. Hal ini setelah semua pabrikan besar melaporkan rekor penjualan di China.

Penjualan VW sepanjang tahun lalu di negara itu, meningkat 16% menjadi 3,27 juta unit, mengalahkan GM, yang penjualannya naik sebelas persen menjadi 3,16 juta mobil. VW memasukkan Hong Kong dalam perhitungan penjualan di negara tersebut. Sedangkan angka penjualan GM hanya mencakup kendaraan komersial ringan.

Di belakang GM dan VW adalah Nissan Motor, yang penjualannya meningkat jadi 1,27 juta unit, diikuti Hyundai, yang pengirimannya melonjak sekitar 20% menjadi di atas satu juta unit untuk pertama kalinya. Ford Motor menggusur Toyota di China untuk menempati posisi kelima di antara pabrikan asing terbesar setelah penjualan perusahaan yang berbasis di Dearborn, Michigan itu naik 49%.