PBB: AIDS Berakhir Pada 2030! [citifmonline]

PBB: AIDS Berakhir Pada 2030!

Pinkkorset.com – Program percepatan Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) untuk memerangi virus HIV dipastikan akan menghentikan epidemi AIDS pada 2030 mendatang.

Divisi PBB untuk memerangi AIDS, UNAIDS mengatakan, target program precepatan ini akan mencegah 28 juta pasien terinfeksi HIV pada 2030 dan dipastikan akan menghentikan penyakit AIDS secara global.

Direktur Eksekutif UNAIDS Michael Sidibe menyatakan, jika mereka berinvestasi US$3 (atau setara Rp36.000) per hari untuk satu orang yang terinfeksi AIDS selama lima tahun ke depan, maka kita dapat menghentikan epidemi ini selamanya.

“Dan kami tahu, setiap dollar yang kami investasikan akan menghasilkan US$15,” ujarnya.

Virus HIV yang menjadi penyebab penyakit AIDS biasanya tersebar melalui darah, sperma, dan ASI. Hingga saat ini belum ditemukan obat penangkal virus tersebut. Penderita AIDS dapat hidup lebih lama dengan meminum obat.

Dalam pemaparan tahunan pandemi AIDS yang sudah dilaksanakan sekitar 30 tahun yang lalu, AIDS telah menyebabkan 40 juta orang meninggal di seluruh dunia, UNAIDS memperkirakan sekitar 13,6 juta orang terkena AIDS hingga Juni 2014.

Angka ini lebih sedikit 5 juta orang dibandingkan jumlah penderita AIDS yang diberikan obat di 2010. Target program percepatan penanganan AIDS oleh UNAIDS, dikenal dengan 90-90-90.

Tujuan program ini menargetkan 90% orang yang terkena virus HIV mengetahui mereka terkena virus HIV, 90% yang didiagnosa AIDS mendaptkan perawatan, dan 90% yang mendapatkan perawatan dapat memperlambat penyebaran virus HIV dalam tubuh.

Target lainnya adalah mencegah penularan virus HIV hingga 75% manjadi 500 ribu orang saja di 2020 dan fokus pada 30 negara berkembang yang memiliki tingkat infeksi virus HIV tinggi hingga 89%.

Data UNAIDS menunjukkan pada 2013, 35 juta orang secara global hidup dengan HIV. Sebanyak 2,1 juta diantaranya baru saja didagnosa terinfeksi HIV dan 1,5 juta lainnya meninggal karena AIDS.

Wilayah memiliki tingkat penularan HIV/AIDS tertinggi adalah negara-negara Sub-Sahara di Afrika. Penularan HIV turun hingga 38% di 2001 dan penderita AIDS anak-anak turun hingga 58% di periode yang sama. Tingkat kematian tahunan akibat AIDS telah turun hingga 35% sejak 2005.