Pencarian MH370 Kian Sulit dan Mahal Foto: cbc

Pencarian MH370 Kian Sulit dan Mahal

PinkKorset.com – Pesawat naas ini masih belum juga ditemukan. Selain makin sulit, pencariannya juga menelan biaya yang kian besar.

Tiga ribu jam di udara dan 4,6 juta kilometer persegi di laut tlah ditempuh. Bantuan datang dari segala penjuru, ikut mencari pesawat Malaysia Airlines penerbangan 370 yang hilang sejak 8 Maret.

Sebanyak 239 orang penumpang dan kru ada di dalamnya dan 26 negara bantu mencari. Hasilnya, masih nihil. Aparat pun harus beranjak ke fase selanjutnya yang lebih menantang.

“Area pencarian akan diperluas. Hal-hal yang harus dilakukan juga lebih sulit dan menantang,” demikian Menteri Transportasi China, Yang Chuantang.

Pejabat Malaysia, Australia dan China akan bertemua di Canberra, Australia, untuk membahas detil-detil pencarian itu. Satu grup dikerahkan untuk mengumpulkan data dan informasi, serta satu grup lagi untuk mengatur sumber daya.

Teknologi tinggi akan diperlukan dalam pencarian selanjutnya, termasuk sonar dan kendaraan bawah air. Seperti kapal tanpa awak Bluefin-21 yang saat ini sudah menjelajah 400 km persegi bawah laut Samudra Hindia.

Australia memperkirakan, fase selanjutnya ini akan menelan US$60 juta. Malaysia selaku pemilik pesawat dan China yang ikut terlibat karena penerbangan itu merupakan connecting flight maskapai mereka, akan mencari cara membagi biaya.

Hingga hari ini, biaya pencarian ditanggung masing-masing negara yang mengirimkan bantuannya. Namun, semua pihak sudah menyatakan kesediannya untuk membantu.