Penduduk RI Bakal Capai Lima Terbesar Dunia Foto: bunchfamily

Penduduk RI Bakal Capai Lima Terbesar Dunia

PinkKorset.com, Jakarta – Populasi di Indonesia diperkirakan akan mencapai 305,6 juta jiwa pada 2035, atau menempati posisi kelima sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia.

Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) memperkirakan penduduk Indonesia bakal menembus 305,6 juta jiwa dua dekade mendatang, meningkat signifikan ketimbang jumlah  penduduk Indonesia akhir Juni 2010 yang sebesar 238,52 juta jiwa.

“Pada 2035, kami proyeksikan jumlah penduduk Indonesia akan bertambah 60,57 juta jiwa atau naik 28% menjadi 305,6 juta penduduk,” ujar Kepala Bappenas, Armida Alisjahbana, Jakarta, Jumat (7/2/2014).

Peningkatan jumlah penduduk terjadi seiring pesatnya angka kelahiran sepanjang 2010-2035 yang diperkirakan mencapai 4,8 juta per tahun.

“Ini sudah seperti satu negara sendiri. Karena pada 2025, asumsinya setiap satu perempuan produktif di Indonesia akan memiliki sebanyak 2,1 anak,” terangnya.

Dengan basis penduduk tersebut, Bappenas memperkirakan Indonesia akan menempati peringkat kelima negara dengan jumlah penduduk terbesar setelah China, India, Amerika dan Nigeria.

Menurut Armida, Indonesia kini sedang memasuki tahap dimana penduduk usia produktif terus meningkat baik dari sisi jumlah dan proporsinya. Kontribusi penduduk usia produktif ini telah terlihat dari peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB) yang stabil.

“Beberapa negara yang mengalami fenomena kependudukan dan ekonomi yang sama seperti Indonesia, adalah Brasil, Rusia, dan India yang juga mempunyai pertumbuhan ekonomi tinggi,” ujarnya.

Kondisi demografi tersebut harus dipersiapkan melalui investasi di bidang kesehatan, pendidikan, tenaga kerja, kependudukan, keluarga berencana dan ekonomi.