Pentingnya Fashion Branding Merek Lokal [brandsaz]

Pentingnya Fashion Branding Merek Lokal

PinkKorset.com, Jakarta – Fashion branding menjadi satu hal utama yang perlu diperhatikan oleh desainer atau sebuah brand.

Menurut Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Nus Nuzulia Ishak, penciptaan brand ini penting untuk pemasaran produk dari brand tersebut.

“Pelaku fesyen Indonesia bisa mengetahui bagaimana menentukan strategi pengembangan pemasaran yang efektif, terutama melalui penciptaan brand,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Sebab itulah pada akhir April lalu digelar workshop ‘Fashion Branding’ di kantor Kementerian Perdagangan di Jakarta, yang menghadirkan Bette Bondo, desainer asal Italia, Istituto Marangoni (London, Inggris dan Milan, Italia) sekaligus pengajar dari sekolah fesyen untuk menyampaikan pengetahuan untuk membangun brand, khususnya produk fesyen agar mampu bersaing di dunia internasional.

Pelajaran pentingnya membangun brand fashion dirasakan para peserta Indonesia Fashion Forward. Pengalaman mereka saat mengikuti program dan mendapatkan pembekalan ini membuat mereka berhasil dilirik oleh buyer saat tampil dalam runway fashion week di beberapa negara.

Salah satunya, merek fesyen Major Minor. “Bahwa di seluruh dunia itu cuma satu yang dicari, buyer itu tiap tahun liat ribuan brand di dunia,” ujar Sari Seputra, direktur Major Minor, Kamis (24/4).

Agar dilirik para buyer, sebuah brand atau seorang desainer penting untuk menemukan dan mempertahankan ciri khas brand yang membuatnya berbeda dari brand-brand lainnya.

“Jadi yang harus dibikin oleh desainer atau suatu brand dalam memberikan sesuatu yang baru yang belum ada,” imbuh perempuan yang brand fashionnya tampil dalam Tokyo Fashion Week.

Hal senada juga diungkapkan Windri Widiesta Dhari, desainer dari NurZahra yang juga memiliki kesempatan tampil di Tokyo Fashion Week setelah terpilih dalam program Indonesia Fashion Forward.

“Intinya, kita harus punya satu identitas terutama kebudayaan kita, terserah mau kainnya, proses pembuatannya dan lain-lain,” ucapnya.