Penuhi Asupan Air dengan Sayur dan Buah [truthnhealth]

Penuhi Asupan Air dengan Sayur dan Buah

PinkKorset.com – Sekitar 70% tubuh manusia adalah air. Kita membutuhkan setidaknya dua liter setiap hari. Haruskah seluruhnya dari air putih?

Menurut Paula Simpson, ahli gizi, jumlah kebutuhan air manusia ditentukan gaya hidup dan aktivitas.

“Konsumsi air putih tergantung pada gaya hidup, seberapa aktif, di mana Anda tinggal dan usia,” ujarnya.

Ia menyarankan lebih banyak mengonsumsi air putih saat melakukan aktivitas yang lebih berat biasanya. Namun bukan berarti mereka yang aktivitasnya minim, seperti duduk di depan laptop seharian, diperbolehkan minum lebih sedikit.

Tubuh Anda perlu terhidrasi dengan baik. Pusing, lesu, gangguan pencernaan dan sakit kepala adalah pertanda bahwa kekurangan minum dan menderita dehidrasi ringan.

Untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, Simpson memberikan tips. Yakni menambahkan buah-buahan dan sayuran ke dalam menu makan. Buah seperti tomat, mentimun, semangka, stroberi, seledri dan zucchini mengandung banyak air.

“Buah-buahan dan sayuran ini dapat membantu untuk membawa oksigen dan nutrisi ke sel, mengatur suhu tubuh, menyediakan lingkungan yang sehat bagi jaringan tubuh dan sendi, serta membuang racun,” ujarnya.

Ia juga menyarankan Anda minum sebelum merasa haus. “Tubuh akan menggunakan air ini dengan cepat. Sehingga ketika dehidrasi, itu takkan mengambil waktu lama untuk menjaga keseimbangan air di dalam tubuh,” tutupnya.