Penyanyi Waria Menang Kontes Nyanyi Eropa Foto: Conchita Wurst

Penyanyi Waria Menang Kontes Nyanyi Eropa

PinkKorset.com, Kopenhagen – Conchita Wurst terpilih sebagai penyanyi terbaik pada kontes musik antar negara Eropa, Eurovision.

Kemenangan penyanyi asal Austria yang memiliki nama asli Tom Neuwirth ini cukup mengejutkan, karena ini adalah kemenangan pertama Austria semenjak kontes ini digelar pada 1966.

Dengan membawakan lagu berjudul Rise Like a Phoenix, penyanyi berjanggut dan berkumis ini meraih nilai 290. Ia mengalahkan penyanyi Belanda yang menempati posisi kedua dengan nilai 238, dan penyanyi Swedia di tempat ketiga dengan poin 218.

Conchita mempersembahkan kemenangannya ini kepada orang-orang yang selama ini mengalami diskriminasi. Selain mengirimkan pesan kemenangan untuk Presiden Rusia Vladimir Putin, yang dinilainya telah melakukan diskriminasi dan melarang hak-hak kaum lesbian, gay, biseksual dan transgender.

Acara kontes lagu antar negara Eropa yang digelar di Kopenhagen, Denmark ini menampilkan aneka lagu pop dan balada disertai dengan aksi panggung yang spektakuler.

Pagelaran ini juga dibayangi krisis politik di Ukraina, yang sempat diwarnai aksi protes dari penonton terhadap penyanyi asal Rusia, The Tolmachevy Sisters.

Penasaran lihat penampilan Conchita? Berikut videonya.