Penyebab Hilangnya Stamina Tubuh [mullenhealth]

Penyebab Hilangnya Stamina Tubuh

Pinkkorset.com – Kehilangan stamina (fatigue) menyebabkan aktivitas terhambat. Kenali penyebabnya agar Anda bisa kembali mendapatkan stamina ideal.

Hilangnya stamina di dalam tubuh umumnya disebabkan kelelahan fisik maupun pikiran. Gejala hilang stamina biasanya rasa lemah, mual karena tekanan darah gagal mencapai tingkat tertentu, kepala terasa berat dan tubuh kehilangan tenaga.

Berikut beberapa penyebab hilangnya stamina.

Stres Berlebihan

Saat pikiran didera stres berlebih, tubuh secara perlahan mulai kehilangan stamina atau energi. Tubuh juga akan mengalami berbagai masalah kesehatan jika stres semakin besar dan membuat Anda tertekan. Jika ini penyebabnya, cobalah untuk mengurangi penyebab stres itu, sedikit demi sedikit.

Mengerahkan Tenaga Fisik

Terlalu banyak aktivitas fisik juga dapat mengakibatkan kelelahan dan berujung pada turunnya stamina. Memaksa tubuh bekerja terlalu keras dapat memicu timbulnya masalah pada tulang dan ligamen atau jaringan ikat.

Terlalu Banyak Olah Raga

Berolahraga setiap hari selama lebih dari dua jam dapat menimbulkan penurunan stamina, terlebih jika dipadukan diet atau makanan tak bergizi. Seimbangkan olah raga dengan asupan bergizi agar nutrisi tubuh terpenuhi dengan baik dan stamina kembali normal.

Kurang Tidur

Tujuh jam adalah waktu tidur yang ideal. Faktanya, Anda kadang begitu sibuk sehingga waktu tidur kurang dari itu. Akibatnya, tubuh terasa lemas dan mudah lelah, meski tak melakukan aktivitas berat. Usahakan mematuhi anjuran waktu tidur agar aktivitas sehari-hari tak terganggu.

Kurang Cairan

Dehidrasi bisa menyebabkan Anda kurang konsentrasi dan tenaga. Sebaiknya tidak melupakan konsumsi enam hingga delapan gelas air mineral per hari agar tubuh tetap terhidrasi dan stamina cukup.