Perbaiki Sikap Terhadap Sahabat, Yuk! [hollyhierman]

Perbaiki Sikap Terhadap Sahabat, Yuk!

PinkKorset.com – Setiap orang butuh sahabat. Tanpa disadari, kadang kita melukai hatinya. Bagaimana cara memperbaikinya?

Namanya manusia, wajar jika kadang Anda melakukan beberapa kesalahan. Kadang, Anda bingung mencari cara memperbaikinya. Berikut beberapa kesalahan umum dan tips memperbaikinya.

Lupa Ulang Tahun

Yang satu ini dijamin bikin bingung dan serba salah, terlebih saat sahabat ngambek dan mogok bicara untuk beberapa saat. Irene Levine, penulis buku Best Friend Forever, punya saran untuk Anda.

“Tawarkan permintaan maaf, tapi bukan alasan (mengapa Anda melupakan ulang tahunnya),” kata perempuan yang juga seorang profesor psikiatri di New York University ini.

Beri kartu ucapan dengan kata-kata yang Anda tuliskan dengan sepenuh hati atau hadiah yang istimewa. Berusahalah lebih keras, terutama jika si sahabat adalah birthday princess yang menganggap ulang tahun amat penting.

Tak Suka Pasangannya

Anda menjauhinya karena tak suka pasangan yang ia pilih? Perhatikan dengan seksama, apakah alasan Anda cukup kuat untuk menjauhinya? Tak perlu putus kontak sepenuhnya, cukup dengan membatasi waktu bersenang-senang.

Jangan menuntutnya untuk membagi loyalitas, terlebih jika ia tahu Anda tak suka dengan pilihannya. Yang paling pentng adalah Anda tahu, kalian masih bersahabat dan Anda masih di hatinya.

Kencani Mantan Sahabat

Menjalin hubungan kasih dengan mantan sahabat? Seorang profesor dari asosiasi profesor komunikasi di Universitas LaSalle, Philadelphia, AS menyarankan Anda tidak melakukannya.

Mengapa? Karena ada kemungkinan kehilangan sahabat jika berhubungan dengan mantannya. Coba bicarakan dengan sahabat jika Anda berada berada di persimpangan dan bingung memilihnya.

Logikanya, jangan sampai merusak hubungan dengan sahabat demi seorang laki-laki yang belum tentu layak diperjuangkan.

Tak Hadir di Momen Penting

Seperti ketika lupa ulang tahun, jangan beri alasan kecuali ia memintanya. Memberi alasan hanya membuatnya semakin kesal dan sedih, bahwa ada urusan lain yang lebih penting ketimbang dirinya.

Minta maaf dengan tulus dan rendah hati. Beri waktu baginya untuk mencerna dan memaafkan Anda.

Diam Ketika Ia Menyakiti Anda

Dia juga manusia biasa dan berpotensi menyakiti Anda pada saat tertentu. Saat ia salah dan menyakiti Anda, bersikap diam bukan berarti akan menjaga hubungan kalian berdua.

Bicarakan hal tersebut dengan penuh pengertian kepada sahabat, bahwa apa yang ia lakukan keliru dan membuat Anda terluka. Berikan kesempatan untuknya meminta maaf dan mendapatkan kembali kepercayaan Anda.