Perempuan Gemuk Sulit Menyusui Bayinya Foto: wellroundedmama

Perempuan Gemuk Sulit Menyusui Bayinya

PinkKorset.com, Missouri – Manfaat menyusui bagi ibu dan bayi sudah banyak diketahui masyarakat. Namun, perempuan obesitas tampaknya sulit mewujudkannya.

Riset terbaru dari Truman Medical Center, Kansas City, Missouri yang dipulikasikan pada pertemuan American Congress of Obstetricians and Gynecologists menunjukkan bahwa perempuan pengidap obesitas sulit menyusui bayinya.

Penelitian yang dilakukan terhadap 66.500 ibu baru di Amerika Serikat  menemukan, sekitar 75% ibu pengidap obesitas pernah menyusui. Sedangkan ibu dengan berat normal yang menyusui mencapai 81%.

Hasil ini didapatkan setelah para peneliti memasukkan sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi perempuan dapat menyusui bayinya. Seperti perilaku merokok, pernah melahirkan bayi prematur dan merasa tertekan.

Namun, studi ini tidak bisa mengungkapkan hubungan antara obesitas dan kemungkinan lebih rendah untuk menyusui.

Peneliti dari Truman Medical Center, Dr Teresa Orth mengatakan, riset sebelumnya menunjukkan perempuan yang menderita obesitas membutuhkan waktu satu hari lebih lama, sebelum pasokan susunya cukup, dibandingkan perempuan dengan berat badan normal.

“Hal ini dapat menyebabkan masalah menyusui dalam beberapa hari pertama dan cenderung memicu beberapa perempuan gemuk beralih ke susu formula,” ujarnya.

Terkadang, bagian payudara ibu yang mengidap obesitas, dapat menutupi hidung bayi sehingga membuat bayi sulit bernapas. Akibatnya, bayi tidak dapat menyusui. Ia pun menyarankan ibu menekan bagian payudara ke bawah, agar tidak menutupi hidung bayi saat menyusui.