Perempuan Modern Memilih Hamil di Atas Usia 40 Tahun [digitaljournal]

Perempuan Modern Memilih Hamil di Atas Usia 40 Tahun

PinkKorset.com, London – Perempuan modern ternyata lebih memilih mempunyai anak di usia matang, dibandingkan hamil di usia muda.

Berdasarkan riset yang dikeluarkan badan statistika nasional Inggris (Office for National Statistics), angka kehamilan perempuan berusia di atas 40 tahun cukup tinggi, dibanding perempuan di bawah umur 18 tahun. Hal ini seakan menepis fakta bahwa pada usia lanjut, kuantitas dan kualitas sel telur turun tajam.

Di Inggris dan Wales, tercatat ada 28.714 kehamilan pada perempuan berusia di atas 40 tahun pada 2012, sementara kehamilan pada perempuan di bawah usia 18 tahun hanya 27.834.

Angka kehamilan pada usia 40 tahun ini, yang sebagian besar berdasarkan perencanaan, adalah dua kali lipat lebih banyak dari yang data pada 1990.

Riset juga menyebutkan bahwa tingginya kehamilan pada perempuan berusia 40-an ini kontras dengan tingginya angka aborsi pada remaja di bawah usia 18 tahun, dengan jumlah 49%.

Fenomena ini diduga terjadi karena beberapa faktor. Ketika menginjak usia ideal hamil sekitar 20-35 tahun, perempuan ternyata lebih mengutamakan pendidikan dan karirnya ketimbang pernikahan dan keluarga.

Kenaikan harga properti serta kebutuhan hidup juga ikut mendukung. Pasalnya, pernikahan akan  menghasilkan anak-anak dan semua itu membutuhkan dana yang tidak sedikit.