Perokok, Konsumsilah Buah-buahan! [google]

Perokok, Konsumsilah Buah-buahan!

PinkKorset.com – Buah-buahan ternyata memiliki sederet manfaat, khusus bagi para perokok.

Buah-buahan berguna untuk menekan berbagai risiko penyakit akibat racun nikotin dan racun lainnya dari rokok. Langkah ini pun diklaim lebih sukses bagi Anda yang ingin berhenti merokok.

Untuk Anda para perokok, berikut ini ada beberapa jenis buah-buahan yang baik dikonsumsi. buah-buahan ini dipercaya mampu mengurangi efek dan bahaya rokok.

Berikut buah-buahan yang disarankan.

Jagung

Jagung sangat direkomendasikan bagi para perokok karena mengandung betacryptoxanthin yang dapat menurunkan risiko kanker paru – paru.

Dalam jurnal Cancer Epidemiology Biomarkers and Prevention, orang yang banyak mengkonsumsi makanan mengandung betacryptoxanthin, terbukti mengalami penurunan risiko kanker paru-paru sebesar 27%.

Demikian juga perokok yang mengkonsumsi jagung mengalami penurunan kanker paru-paru sebesar 37% dibandingkan perokok yang kurang mengkonsumsi jagung.

Nanas

Nanas adalah buah yang dapat membersihkan nikotin pada paru-paru. Seperti diketahui, nikotin pada rokok menyebabkan kadar keasaman pada paru-paru menipis. Sementara nanas memiliki kadar asam yang cukup banyak sehingga bisa mengatasi masalah keasaman tersebut.

Namun, mengkonsumsinya juga sebaiknya tidak berlebihan, karena kebanyakan kadar asam juga bisa mengakibatkan pencernaan kurang lancar.

Pisang

Senyawa dan zat-zat dalam rokok mengganggu ikatan oksigen dalam darah, yang menyebabkan berkurangnya aliran oksigen ke dalam tubuh dan otak. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda sering mengonsumsi pisang. Tingginya kadar kalium yang dimiliki pisang akan menstabilkan aliran oksigen.

Mengkudu

Konsumsi buah mengkudu akan meningkatkan pertahanan tubuh, karena memiliki kandungan zat morindin  di dalamnya. Sedangkan senyawa scopoletin  berfungsi mengatur tekanan darah dan mengatur hormon serotonin yang membantu menurunkan kadar kecemasan dan depresi.

Buah mengkudu atau pace juga mengandung gum, asam malat, asam sitrat, dan senyawa antiseptik.

—-

Buah-buahan ini umumnya mudah diperoleh dan dapat dikonsumsi secara langsung, dapat Anda pun dapat menyajikannya sebagai alternatif menu hidangan atau sebagaig tambahan dalam minuman, kue, dan resep lainnya.