Perokok RI Terbanyak Sedunia! [health]

Perokok RI Terbanyak Sedunia!

PinkKorset.com – Indonesia memiliki predikat sebagai negara dengan jumlah perokok terbesar di dunia.

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengatakan, predikat ini diperoleh berdasarkan data statistik bahwa jumlah perokok aktif di Indonesia yang mencapai 60 juta jiwa lebih.

“Saat ini, Indonesia menjadi negara dengan perokok terbesar di dunia dengan total mencapai 66 juta jiwa perokok aktif,” katanya awal pekan ini.

Menurutnya, sebagaian besar perokok tersebut merupakan anak-anak muda. Sisanya, didominasi masyarakat kelas menengah ke bawah, seperti petani, nelayan, dan buruh.

Satu hal yang mengkhawatirkan adalah jumlah perokok perempuan yang menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. “Kami sangat prihatin dengan pertumbuhan perokok perempuan yang mencapai 10 kali lipat dari 1,3 persen menjadi 13 persen,”katanya.

Tingginya jumlah perokok tersebut, menyebabkan 97 juta perokok pasif dengan 43 juta anak-anak terancam kesehatannya karena asap rokok.

Untuk membantu perokok aktif yang ingin berhenti melalui bimbingan konseling,  pemerintah menyediakan seribu puskesmas dan 200 rumah sakit.

Meskipun ia menilai cara paling efektif berasal dari kesadaran diri sendiri. “Kita tidak bisa melakukan itu sendiri. Harus dari diri mereka masing-masing memiliki tekad yang kuat,” ujarnya.

Menjelang masa ramadan, Nafsiah pun menyarankan masyarakat perokok menggunakan momentum ini untuk mengurangi bahkan berhenti mengonsumsi rokok.