Pertamina Lirik Aset di Luar Negeri [energyspectrumindo]

Pertamina Lirik Aset di Luar Negeri

PinkKorset.com – PT Pertamina berupaya keras merealisasikan peningkatan produksi hampir lima kali lipat dari kondisi sekarang, dengan membeli lebih banyak aset minyak dan gas di luar negeri.

Pertamina dalam pernyataannya, Jumat (16/5/2014) disebutkan akan mengakuisisi blok migas yang berproduksi atau dalam tahap pengembangan. Selain aset-aset yang memiliki cadangan minyak signifikan.

Hal ini untuk meningkatkan produksi minyak hingga pada 2025 dapat mencapai angka 2,2 juta barel per hari (bpd) dari posisi saat ini di 465.220 barel per hari.

Pertamina menyatakan 70% akuisisinya adalah aset migas di mancanegara, namun tidak disebutkan negara yang menjadi target, anggaran yang disediakan, serta sumber pendanaannya.

Ekonom DBS Bank di Singapura, Gundy Cahyadi menilai rencana Pertamina tersebut untuk mengurangi ketergantungan energi Indonesia terhadap negara lain.

“Impor migas berkontribusi besar pada defisit neraca transaksi berjalan Indonesia tahun lalu. Itu (rencana Pertamina) kemungkinan untuk mencapai swasembada energi,” ujarnya.