PLN Padamkan 479 Gardu Listrik Foto: kompas

PLN Padamkan 479 Gardu Listrik

PinkKorset.com, Jakarta – PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang pagi ini memadamkan 479 gardu distribusi yang memasok listrik di titik-titik rawan banjir.

Hingga pukul 08.00 WIB Senin (20/1/2014), sebanyak 479 gardu distribusi dipadamkan, antara lain di wilayah Cengkareng, Teluk Naga, Cikupa, Lenteng Agung, Bandengan, Kebon Jeruk, Bintaro, Bulungan Cempaka Putih, Kramatjati, Jatinegara, Marunda, Menteng, Tanjung Priok, dan Pondok Kopi.

Tingkat curah hujan yang tinggi menyebabkan banjir di berbagai sudut Ibu Kota maupun daerah penyangga, membuat PLN memadamkan aliran listrik. Hal ini demi keamanan dan keselamatan masyarakat.

“Upaya ini dilakukan mengingat curah hujan di Ibu Kota yang semakin tinggi dan bahaya yang akan ditimbulkan oleh listrik saat air menggenang,” kata Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang, Roxy Swagerino, di Jakarta, Senin (20/1/2014).

Ia pun mengimbau kepada masyarakat yang terkena banjir untuk memastikan Meter Circuit Breaker (MCB) dalam posisi off,”Matikan semua peralatan listrik dengan mencabut kabel dari setop kontak. Setelah banjir surut dan keadaan aman, keringkan peralatan listrik seperti saklar dan setop kontak yang sempat terendam sebelum digunakan kembali,” tuturnya.

Tiga keadaan yang menyebabkan PLN memutuskan aliran listrik adalah, pertama, jika rumah pelanggan kebanjiran. Kedua, jika Gardu Distribusi PLN kebanjiran. Ketiga, apabila gardu distribusi dan rumah pelanggan kebanjiran. Keempat, apabila gardu induk kebanjiran.