Printer Tiga Dimensi Murah Siap Meluncur Foto: M3D

Printer Tiga Dimensi Murah Siap Meluncur

PinkKorset.com – Printer tiga dimensi akan segera diproduksi dengan harga terjangkau.

M3D akan meluncurkan perangkat yang diberi nama Micro pada Agustus 2014. Dengan ukuran 18,5 cm persegi dan bobot 1 kg, perangkat portable ini akan dibuat untuk system Windows, Mac, dan Linux.

Rencana ini terungkap, setelah M3D berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 1 juta atau Rp11 miliar dari para donator untuk memproduksi printer 3D secara massal. Dana tersebut diperoleh melalui Kickstarter, situs yang memberikan kesempatan kepada publik untuk menyumbangkan dana bagi proyek- proyek kreatif.

Seperti yang diketahui, saat ini printer 3D banyak digunakan oleh perusahaan- perusahaan besar untuk melakukan produksi saja, harga yang dipatok pun juga cukup mahal sehingga masyarakat umum tidak dapat menikmati kinerja dari printer 3D ini.

Inilah yang mendasari ide untuk membuat printer 3D yang didesain khusus dengan harga terjangkau.

“Harga yang lebih ekonomis menjadi kunci utama bagi masyarakat untuk membeli printer 3D. Tidak banyak orang yang bisa menjangkau harga 2000 dolar AS, namun dengan harga $500 atau $300 orang- orang akan bersedia membeli printer ini,” ujar pengamat teknologi Joris Peel.

Para donatur awal bisa mendapat printer tersebut dengan harga US$199 (sekitar Rp 2,2 juta) dan donatur lain akan mendapatkan printer dengan harga US$300 (Rp3,4 juta).

Printer ini menggunakan perangkat lunak yang memungkinkan pengguna mencari dan memindahkan objek untuk dicetak.

Printer Tiga Dimensi Murah Siap Meluncur Micro diproduksi oleh pendiri M3D Michael Armani, yang memegang gelar PhD bidang Bioengineering dan David Jones, yang memiliki pengalaman di bidang perangkat lunak dan robotika.

Micro memiliki sistem sensor yang berteknologi tinggi yang disematkan pada print head yang menyediakan auto-leveling dan auto-kaliberasi. Printer ini siap bekerja hingga ribuan jam untuk mencetak obyek 3 dimensi sesuai dengan desain yang anda buat.

Anda dapat menggunakan PLA atau ABS, serta gulungan Micro filamen atau filamen standar 1,75 mm yang tersedia di pasar.

Apa bedanya?

Gulungan Micro filamen dapat mencetak banyak obyek dan beragam warna, dengan membelinya dengan harga $12 per gulungnya. Gulungan ini terpasang fix pada printer. Dengan bobot sekitar 225 gr filamen ini mampu membuat 45 vas bunga.

Gulungan filamen berangsur-angsur akan berkurang selama pemakaian dan sebagai alternatif Anda bisa gunakan filamen eksternal, yang terhubung melalui port di atas printer.

“Ini adalah printer 3D paling terjangkau yang dapat digunakan langsung dari kotaknya. Sempurna untuk pengguna pemula dan ahli. Cara pakainya mudah, hanya colok di printer, download atau buat model, tekan cetak dan lihat kreasi Anda terbentuk tepat di depan mata Anda, ” demikian deskripsi Kickstarter.