Pullman, Limusin Sejuta Dolar [drive]

Pullman, Limusin Sejuta Dolar

PinkKorset.com, Sttutgart – Daimler AG segera meluncurkan Pullman, Mercedes-Benz model S-Class yang bakal menjadi mobil termahal dunia.

Berkonsep limusin dengan tiga baris tempat duduk, S-Class bernama Pullman itu dibanderol US$1 juta. Harga ini adalah dua kali lipat sedan termahal Rolls-Royce Phantom milik rivalnya, Bayerische Motoren Werke AG (BMW), yang dijual senilai US$500 ribu.

Dilengkapi dengan pelat antipeluru, Pullman mengingatkan sedan Mercedes model lawas yang pernah dimiliki kalangan jetset seperti desainer Coco Chanel serta mantan pemimpin Filipina Ferdinand Marcos.

Tm Urquhart, analis firma riset pasar otomotif IHS Automotive mengatakan, Daimler mencoba untuk membangkitkan kembali model tua yang sangat terkenal, Pullman 600 yang dulu pernah digunakan oleh orang-orang mulai dari para diktator sampai John Lennon.

“Mereka ingin menunjukkan bahwa Mercedes masih bertahan dalam menawarkan produk elite yang absolut dan mewah. Ada nilai simbolisnya untuk mobil jenis ini.”

Dua baris bangku belakang yang saling berhadapan itu, dipisahkan dari kompartemen depan untuk pengemudi, dengan jendela partisi. Hal ini guna menjamin privasi penumpang.

Sedan sepanjang hampir 6,5 meter atau lebih panjang 40 sentimeter dibanding versi long wheelbase dari Rolls Royce Phantom, membuatnya menjadi mobil penumpang produksi massal terpanjang.

Pullman yang mulai dijual pada 2015, ditargetkan menjadi pemimpin utama dari ekspansi Mercedes ke pasar sedan kelas atas. Pullman berniat untuk mengambil pangsa pasar dari pemilik Rolls-Royce, BMW dan Volkswagen yang memiliki Bentley.