Rahasia Tetap Cantik Ketika Bangun Pagi Foto: sleepaids

Rahasia Tetap Cantik Ketika Bangun Pagi

PinkKorset.com, Jakarta – Ketika bangun di pagi hari, apakah Anda sering mendapati wajah yang kusam dengan rambut kusut?

Tidur sebenarnya merupakan masa emas, tidak hanya untuk mengistirahatkan pikiran, namun juga memulihkan tenaga dan sel-sel tubuh yang sudah terpakai sepanjang hari.

Untuk mendapatkan kecantikan wajah dan rambut Anda di pagi hari, Dr. Debra Jaliman, dermatologist di New York dan penulis buku Skin Rules pun menyarankan Anda melakukan sleeping beauty.  

Sleeping beauty? Seperti apa?

Tidur Dengan Posisi Terlentang

Rupanya, posisi tidur turut mempengaruhi munculnya kerutan halus di wajah. Wajah yang mengalami tekanan langsung ke bantal akan memiliki kerutan. Untuk itu, pilihlah posisi tidur terlentang yang menghindari wajah Anda mengalami tekanan dari sisi manapun.

Jika mata Anda sembab atau bengkak, atasi dengan menambah jumlah bantal, sehingga bagian kepala berada di posisi lebih tinggi. Hal ini membuat cairan yang berkumpul di bawah mata akan terurai dan tak berkumpul di mata.

Bersihkan Wajah Sebelum Tidur

Ini adalah peraturan dasar yang dipahami setiap orang untuk mencegah timbulnya jerawat di wajah. Karena kotoran dan minyak serta make up yang masih menempel di wajah akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat saat Anda tertidur pulas. Itulah sebabnya, biasakan membasuh wajah Anda sebelum tidur.

Gunakan Krim Malam

Apakah selama ini Anda malas mengenakan krim malam dan sering mempertanyakan manfaat krim tersebut? Jawabannya adalah untuk membuat kulit wajah Anda lembab di pagi hari. Selain krim malam, Anda juga disarankan mengoleskan lip balm dan body lotion untuk menjaga kelembaban bibir dan seluruh tubuh.

Jaga Kebersihan Sarung Bantal Anda

Tak hanya soal kebersihan wajah, Andapun perlu memperhatikan kebersihan sarung bantal. Bagaimana mungkin jerawat tidak akan tumbuh di sarung bantal yang kotor dan penuh bakteri, sedangkan wajah Anda bersentuhan dengan sarung bantal sepanjang malam? Oleh karena itu jaga selalu kebersihan sarung bantal Anda dengan menggantinya secara rutin.

Gunakan Sarung Bantal Berbahan Sutera atau Satin

Bukan untuk bermewah-mewah dalam tidur. Karena kedua serat ini ternyata bermanfaat untuk mencegah Anda terbangun dengan rambut kusut dan mengembang, serta meminimalisir munculnya kerutan-kerutan halus di wajah. “Kain sutera mampu membuat Anda terhindar dari kusut dan kerusakan,” ujar Jesleen Ahluwalia, seorang dokter dari dermatologi Spring Street di Kota New York.

 Gulung atau Ikat Longgar Rambut Anda

Mengikat rambut dengan kencang sebelum Anda pergi tidur memang bukan hal baik untuk dilakukan. Selain membuat kepala pusing, ikatan yang kencang juga dapat menyebabkan rambut tidak bisa bernafas dan rusak.

Namun menggulung atau mengikat rambut secara longgar justru dapat membantu menjaga rambut Anda tetap rapi di pagi hari dan mencegah minyak alami di rambut Anda terpapar ke wajah.

Hindari Konsumsi Makanan Berkadar Kadar Garam Tinggi Serta Minuman Beralkohol

Konsumsi garam berlebih dapat menyebabkan mata bengkak. Hal ini terjadi karena ketika tubuh mengalami dehidrasi, cairan akan mengumpul di sekitar mata dan menyebabkan mata terlihat membengkak. Hal yang sama juga terjadi ketika Anda mengonsumsi alkohol sebelum tidur.