Ratusan Orang Terinfeksi Norovirus di Kapal Pesiar [telegraph]

Ratusan Orang Terinfeksi Norovirus di Kapal Pesiar

inkkorset.com – Epidemi norovirus atau dikenal gastroenteritis, menginfeksi 172 orang penumpang di kapal pesiar mewah Crown Princess milik Princess Cruises.

Ini disampaikan badan pengendali dan pencegah penyakit di Amerika Serikat (AS), CDC.

Setidaknya 159 dari tiga ribu penumpang dan 14 dari 1.160 awak kapal terjangkiti virus ini selama 28 hari pelayaran yang telah bersandar di Los Angeles ini, akhir pekan lalu.

Sebelumnya kapal pesiar mewah ini berlayar dari Los Angeles menuju Hawaii dan Tahiti. CDC menyatakan, sejumlah penumpang dan kru kapal lainnya dapat terkena dampak dari virus ini.

“Dalam beberapa terakhir ini, jumlah penumpang dan kru yang terinfeksi di kapal ini terus meningkat,” papar jubir Princess Cruises, Susan Lomax.

CDC meyakinkan, awak kabin kapal telah melakukan prosedur sanitasi yang baik. Pihak kapal pun mengimbau penumpang agar selalu mencuci tangan.

Berdasarkan laporan CDC, sedikitnya 122 dari 3.161 penumpang dan 30 dari 1.176 kru kapal Crown Princess sakit, April lalu.

Agen federal AS menduga norovirus dan E. Coli sebagai penyebabnya. Norovirus  adalah peradangan pada saluran pencernaan yang melibatkan lambung dan usus kecil, sehingga mengakibatkan kombinasi diare, muntah, dan sakit serta kejang perut.