Ratusan Penumpang Sakit, Kapal Pesiar Pulang Lebih Dini Foto: washingtonpost

Ratusan Penumpang Sakit, Kapal Pesiar Pulang Lebih Dini

PnikKorset.com, New Jersey – Royal Caribbean Cruises Ltd mengatakan salah satu kapal akan kembali lebih cepat dari Karibia dua hari lebih awal, setelah ratusan penumpang dan awak jatuh sakit.

Pejabat dari pusat pengendali penyakit (Centers for Disease Control /CDC) AS akan naik ke kapal tersebut di Virgin Island hari ini untuk menilai situasi.

Lembaga tersebut mengatakan dalam sebuah laporan di situsnya pekan lalu bahwa 281 dari 3.050 penumpang di kapal mengalami penyakit pencernaan seperti diare. Sedangkan dua puluh dua dari 1.165 awak kapal juga sakit .

“Kami pikir hal yang tepat untuk dilakukan adalah membawa para tamu kami pulang lebih awal dan menggunakan waktu ekstra untuk membersihkan kapal dengan lebih teliti, ” kata operator pelayaran dalam sebuah pernyataan. “Kami tidak dapat memberikan liburan seperti yang tamu kami harapkan.”

Kapal bertolak dari Cape Liberty, New Jersey, pada 21 Januari untuk perjalanan 10 hari pelayaran di Karibia. Namun, kapal sudah kembali pada 29 Januari. Royal Caribbean mengatakan, setibanya di dermaga, kapal akan menjalani sanitasi lengkap, yang ketiga kalinya sejak wabah itu mulai.

“Dokter kami mengatakan gejala ini konsisten dengan norovirus, tetapi mereka masih menunggu hasil tes untuk mengkonfirmasi diagnosis itu,” kata perusahaan dalam pernyataanya.

Norovirus (sebelumnya Norwalk agen) adalah virus yang menyebabkan 90% dari epidemi wabah nonbacterial gastroenteritis di seluruh dunia, dan mungkin bertanggung jawab untuk 50% dari semua keracunan makanan wabah gastroenteritis di Amerika Serikat.

Norovirus mempengaruhi orang-orang dari segala usia. Virus ditularkan oleh fecally terkontaminasi makanan atau air, oleh person-to-person contact, dan melalui aerosolization virus dan berikutnya kontaminasi dari permukaan.

Bernadette Burden, juru bicara CDC mengatakan pihaknya bertemu dengan awak kapal dan staf medis di St Thomas untuk mengetahui jumlah kasus terbaru, untuk review dan memvalidasi laporan awal penyakit.

“Ini bukan kejadian yang luar biasa. Kita sering bertemu dengan awak kapal pesiar di tengah perjalanan.”

Royal Caribbean akan mengumkan kinerja kuartal keempat besok. Perusahaan ini diperkirakan membukukan laba 18,5 sen per saham, menurut estimasi rata-rata 25 analis yang disurvei Bloomberg .