Robot Jepang Kian Canggih [bostonherald]

Robot Jepang Kian Canggih

PinkKorset.com, Tokyo – Jepang membuat dua robot mirip manusia yang menunjukkan kecanggihan teknologi.

Robot-robot baru ini mirip manusia. Berbicara semulus kita dan bahkan hampir melebihi manusia. Hampir. Menurut penciptanya, seorang profesor di Osaka University, Hiroshi Ishiguro, kedua robot itu akan berguna untuk meriset interaksi manusia dengan mesin.

“Membuat android adalah mengeksplorasi apa arti menjadi manusia. Ini terkait pertanyaan dengan emosi, apa itu perhatian, dan apa yang dimaksud dengan berpikir,” ujarnya.

Dalam demonstrasi, robot digerakkan dengan remote control. Namun bibir mereka bergerak sesuai dengan suaranya, alis mereka bergerak, berkedip, serta menggerakkan kepala. Mereka duduk, tapi bisa menggerakkan tangannya.

Sebuah kemenangan bagi penciptanya ketika robot bisa membaca berita tanpa salah, meski ada kata-kata sulit yang harus mereka ucapkan. Memang, ada beberapa kekurangan seperti ketika bibir mereka tak gerak pada satu waktu ketika suara sudah keluar.

Robot tersebut memiliki kulit dari silikon yang dilengkapi otot buatan. Kodomoroid si robot perempuan dan Otonaroid si pembawa acara, akan dipamerkan di Museum Miraikan di Tokyo. Pengunjung dipersilahkan untuk berinteraksi dengan mereka.