Robot Origami Melipat Dirinya Sendiri [youtube/newscientist]

Robot Origami Melipat Dirinya Sendiri

PinkKorset.com – Terinspirasi dari seni melipat kertas ala Jepang, origami, tim asal Amerika ini menciptakan robot yang bisa melipat dirinya sendiri.

Robot yang bentuk awalnya lembaran polymer ini dilengkapi sistem elektronik dan motor penggerak di bagian atasan. Lembaran ini dibentuk sedemikian rupa sehingga bisa dilipat sesuai keinginan.

Diciptakan sebagai robot, berarti proses melipat itu tak membutuhkan bantuan manusia. Komputer yang ditempelkan akan menentukan urutan melipat, kemudian meneruskan perintah itu ke lembaran.

Butuh sekitar empat menit bagi si robot untuk mencapai bentuk akhirnya, yakni setelah motor penggeraknya bekarja. Kemampuan ini membuat teknologi tersebut bisa dimanfaatkan untuk mencapai tempat-tempat berbahaya.

“Misalnya ketika upaya penyelamatan di gedung yang runtuh,” kata Robert Wood yang mempelajari teknolgi yang terinspirasi dari biologi ini di Harvard University di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat (AS).

Sementara insinyur yang mengepalai Centre for Automation and Robotics Research di Sheffield Hallam University, Inggris, Jacques Pender, mengagumi konsepnya. Meski ia berkata masih banyak yang harus diperbaiki.

Demo yang dilakukan prototip robot ini memang masih belum mulus. Namanya teknologi, pasti masih terus berkembang. Kita lihat saja apa yang nantinya akan diciptakan manusia dari teknologi luar biasa ini.

Berikut video aksi si robot origami.