Rupiah Pagi Ini Melemah Terhadap Dolar AS Foto: google

Rupiah Pagi Ini Melemah Terhadap Dolar AS

PinkKorset.com, Jakarta –  Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta Jumat pagi bergerak melemah ke posisi Rp12.180 per dolar pada pukul 10.20 WIB dibanding posisi sebelumnya Rp12.148 per dolar AS.

Kepala Riset Trust Securities, Reza Priyambada mengatakan sentimen negatif global menahan laju mata uang rupiah sehingga kembali mengalami tekanan setelah pada awal tahun naik.

“Pelaku pasar kembali memburu dolar AS menyusul kekhawatiran akan diterapkannya pengurangan stimulus keuangan (tapering off) The Fed pada Januari ini,” katanya, Jumat (3/1/2014).

Ia menambahkan sentimen positif dari dalam negeri yakni data inflasi domestik yang masih terkendali di level 8,38 persen secara tahunan (YoY) dan neraca perdagangan Indonesia yang surplus sebesar 776,8 juta dolar AS, tertahan oleh sentimen negatif dari eksternal.

Sementara itu, analis Pasar Uang Bank Mandiri Rully Arya Wisnubroto menambahkan data ekonomi domestik diharapkan mampu menahan sentimen negatif eksternal.

“Untuk jangka pendek-menengah data domestik akan mempengaruhi pasar valas dalam negeri,” katanya.