Saat Air Mendidih Bertemu Cuaca Dingin Foto: YouTube

Saat Air Mendidih Bertemu Cuaca Dingin

PinkKorset.com – Apa yang terjadi ketika air mendidih disemprotkan saat cuaca sedang dingin membeku?

Dalam video amatir yang baru diunggah ke YouTube ini, seseorang menyempotkan air panas mendidih ketika suhu udara sedang mencapai minus 41 derajat Celsius di South Porcupine, Ontario, Kanada.

Pria dalam video itu menggunakan pistol air plastik untuk menyemprotkan air panas. Apa yang terjadi? Air tersebut tidak menetes ke bawah, tapi langsung menguap seperti kabut di udara.

Menurut ilmuwan dan penulis, Dr. Ainissa Ramirez, air panas berubah dari cairan menjadi sesuatu yang solid di udara yang sedang dingin. Apa yang tampak seperti kabut, sebenarnya air itu berubah jadi kristal es yang super kecil.

Sama halnya ketika seseorang menyiram air segelas dari atas gedung. Orang yang di bawah takkan merasakannya. “Sebab air itu akan membeku (seperti salju),” tulisnya dalam sebuah email ke HuffPost.

Periset sejak lama telah meneliti bahwa air panas lebih cepat membeku ketimbang air dingin. Observasi ini kemudian dikenal sebagai Efek Mpemba, meski belum ada konsensus dari ilmuwan mengenai penyebabnya.