Menyabotase Kehidupan Sendiri? Duh! [google]

Menyabotase Kehidupan Sendiri? Duh!

PinkKorset.com – Terlalu pemilih menjadikan Anda sulit mempunyai kekasih. Hal inilah yang disebut menyabotase kehidupan sendiri.

Kerap kita mendengar pengakuan tersebut, “Iya, saya cenderung suka memilih.” Hal tersebut sebenarnya tidak salah. Namun, bagaimana dalam konteks berkencan?

Beberapa orang mengaku tak jua  menemukan pasangan karena terlalu pemilih.

Memilih pasangan memang tidak salah, tapi harus diketahui, mana  yang dikategorikan sehat dan tak sehat.

Masih bingung? Mungkin Anda bisa mempertimbangkannya dari beberapa hal berikut.

Memilih dengan Sehat

Anda berhati-hati mempertimbangkan, dengan siapa akan berhubungan. Memulainya dengan perlahan dan tak langsung menganggap semuanya serius. Hingga beberapa bulan Anda agak ‘menjaga diri’, hingga benar-benar mengenalnya. Ini pilih-pilih yang sehat, karena Anda harus menganalisa hubungan itu sendiri.

Terlalu Memilih

Dalam hati, Anda ingin bersama seseorang yang benar-benar cocok. Anda menghabiskan lebih banyak waktu sebagai single dan selalu mencari-cari kesalahannya. Kadang, Anda fokus ke hal-hal kecil atau remeh tapi berpotensi merusak hubungan itu. Anda pun yakin bahwa sulit bertemu the right one karena memang… suka memilih.

Tak baik memang jika Anda terlalu banyak memilih. Satu penyebab yang pasti dan ditemukan di hampir semua orang adalah karena rasa takut. Anda khawatir hubungan itu takkan berhasil. Tak perlu takut. Atasi dengan hal-hal ini.

Jujur pada diri sendiri, apa yang Anda takutkan dalam menjalin hubungan. Tuliskan alasan-alasannya. Apakah ada hubungannya dengan keluarga, mungkin perceraian orangtua? Atau karena Anda diolok sejak kecil, sehingga tak ingin membuka diri? Mungkinkah Anda korban KDRT? Temukan masalah Anda dan tuliskan.

Jangan ragu untuk meminta bantuan, baik keluarga maupun teman dekat. Minta mereka untuk mengingatkan Anda, saat tiba-tiba terpikir untuk mencari keburukan pasangan. Sangat penting untuk belajar agak sedikit terbuka dan mempercayai seseorang. Kadang, sedikit melunak tanpa khawatir dicerca juga baik untuk Anda.

Buat aturan untuk diri sendiri, apakah Anda akan membuka diri setelah beberapa bulan berkencan. Buatlah tanggal pasti, tandai kalender Anda. Dengan begini, Anda juga tak lagi menghakimi seseorang dan percayalah, proses berkencan akan lebih menyenangkan.