Salah Label, Kraft Tarik Ribuan Kilo Hot Dog Foto: hot dog Oscar Mayer dipanggang saat makan siang di Washington, DC. [Foto: nbc]

Salah Label, Kraft Tarik Ribuan Kilo Hot Dog

PinkKorset.com, New York – Kraft Foods menarik sekitar 43 ribu kg hot dog Oscar Mayer di Amerika Serikat karena label kemasan yang salah.

Badan Keamanan dan Pengawasan Pangan AS (USDA) mengatakan paket hot dog Kraft Oscar Mayer ‘Classic Wieners’ ada yang isinya tertukar dengan ‘Classic Cheese Dogs.’

Hal ini bermasalah, karena ‘Classic  Cheese Dogs’ adalah produk yang mengandung susu, bahan yang  dapat memicu alergi.

“Label produk tidak mencantumkan bahan terkait pasteurisasi keju pada cheese dogs, yang dapat menyebabkan alergi,”kata pernyataan itu.

USDA menyebut penarikan itu sebagai “Class I” atau situasi bahaya kesehatan akibat penggunaan produk yang dapat berdampak buruk pada kesehatan atau kematian.

Namun, Kraft dan pemerintah federal mengaku belum menerima laporan tentang konsumen yang mengalami alergi.

Adapun masalah pada label Oscar Mayer Classic Wieners pertama kali ditemukan seorang konsumen yang melaporkan masalah ini kepada perusahaan pada Jumat, 18 April lalu. Perusahaan lantas meneruskan laporan ini ke USDA.

Paket sosis ini diproduksi Maret lalu di pabrik Columbia, Missouri dan didistribusikan di seluruh Amerika Serikat. Kraft salah satu perusahaan makanan kemasan terbesar di Amerika Serikat sebelumnya juga pernah menarik produknya.

Penarikan bukan terjadi kali ini saja. Januari lalu, sekitar 500 ribu kg produk pasta berkeju, Velveeta Cheesy Skillets ditarik karena salah label.

Salah Label, Kraft Tarik Ribuan Kilo Hot Dog

Label Kraft Oscar Mayer yang salah