Samsung, Rajanya Ponsel Pintar [mashable]

Samsung, Rajanya Ponsel Pintar

PinkKorset.com – Merek Samsung saat ini merajai industri ponsel pintar global.

Sebuah data dari lembaga riset Gartner yang dirilis Senin (15/12/2014) menunjukkan bahwa Samsung menguasai 24,4% dari pasar smartphone dunia pada kuartal tiga 2014.

Kendati sudah mendominasi segmen ponsel pintar dunia, angka tersebut masih jauh dari target perusahaan yang bermarkas di Korea Selatan tersebut.

Disebutkan, sepanjang kuartal ketiga 2014, Samsung sukses menjual 73,2 juta unit ponsel pintar di seluruh dunia, sehingga perusahaan menguasai 24,4% pasar ponsel global. Pada periode yang sama 2013, Samsung mampu menjual 80,4 juta unit ponsel pintar, atau 32,1% pasar ponsel.

Penurunan angka penjualan ponsel pintar ini tidak berpengaruh dengan total penjualan produk Samsung secara keseluruhan. Tahun ini, Samsung sukses menjual 301 juta unit, sedangkan tahun lalu hanya 250,3 juta unit.

Samsung mengatakan dalam laporan finansial kuartalan bahwa bisnis smartphone saat ini semakin ketat. Samsung menuding peningkatan persaingan di pasar-pasar utama, seperti Tiongkok,  serta naiknya biaya pemasaran.

Data Gartner membuktikan bahwa penjualan smartphone Samsung di Tiongkok, pasar terbesar ponsel, memang anjlok 28,6% dibanding tahun tahun pada kuartal ketiga.

Penjualan Galaxy S5 yang dirilis April juga turun 40% dbandingkan Galaxy 4 yang merupakan generasi sebelumnya. Demikian menurut laporan Wall Street Journal bulan lalu.

Kondisi ini berimbas pada seluruh bisnis ponsel Samsung, divisi yang menjadi kontributor terbesar perusahaan.