Satukan Perbedaan Pendapat dengan Sahabat Foto: Google

Satukan Perbedaan Pendapat dengan Sahabat

PinkKorset.com, Jakarta – Meskipun berstatus sahabat, perbedaan pendapat terkadang menimbulkan sedikit ketegangan bagi hubungan anda dan dia.

Anda dan sahabat menjadi dekat karena persamaan yang dimiliki dan rasa toleransi yang besar untuk menerima satu sama lain. Namun, hal tersebut tak menjamin hubungan takkan pernah renggang.

Perbedaan pendapat adalah salah satu penyebabnya. Tak ingin hubungan Anda dan sahabat menjadi renggang hanya karena perbedaan pendapat? Simak tips berikut.

Diskusi

Berdiskusi dengan sahabat itu penting. Dengarkan pendapatnya dan ungkapkan pendapat Anda dengan kalimat yang tak menyinggung perasaannya. Anda perlu menjaga agar diri tetap tenang sehingga tidak terpancing emosi ketika beda pendapat. Bantu tenangkan perasaan sahabat untuk berdiskusi dan buatlah persetujuan yang menyatukan.

Tetap Tenang

Buang jauh-jauh emosi Anda, terlebih untuk memaksakan kehendak. Ingat, Anda dan sahabat sedang tidak berkompetisi tapi bekerjasama menentukan yang terbaik. Tetap lakukan kontak mata dan jangan membuang pandangan agar tidak membuatnya tersinggung dan marah.

Jangan Menyerah

Jangan mudah menyerah untuk mempertahankan pendapat, jika Anda benar. Beberapa orang memilih meminta maaf jika situasi sudah memanas, namun ini bukan hal tepat. Anda perlu mempertahankan pendapat jika itu benar. Sebaiknya lakukan hal tersebut dengan persuasif sehingga tidak menyinggung perasaan.

Akhiri Perdebatan

Perdebatan akibat perbedaan pendapat hanya akan mengacaukan hubungan jika dibiarkan berlarut-larut. Sebab itu, dengarkan permintaan sahabat untuk tidak membicarakan masalah yang diperdebatkan meskipun Anda sebenarnya tak setuju dan merasa kecewa. Ungkapkan perasaan tersebut. Jangan paksa dia untuk tetap terus berdebat.

Minta Maaf

Minta maaf jika Anda salah. Tak ada manusia yang sempurna. Sampaikan dan ucapkan permintaan maaf dengan hati yang tulus.

Win-Win Solution

Buat persetujuan yang adil. Cari jalan tengah diantara dua pendapat yang berbeda tersebut. Jika sudah mendapatkan jalan tengah, jangan coba-coba mengungkitnya kembali.