Sederet Manfaat Berciuman Foto: bestwallpapershere

Sederet Manfaat Berciuman

PinkKorset.com, Jakarta –  Berciuman dengan pasangan, telah menjadi ekspresi umum untuk menunjukkan kasih sayang. Tapi tahukan Anda berciuman itu juga banyak manfaatnya?

Ahli kesehatan, Bryant Stanford PhD dari University of Louisville menuturkan beberapa manfaat dari ciuman yang beberapa mungkin tidak pernah terpikir sebelumnya. Apa saja?

Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Berciuman dapat meningkatkan rasa percaya diri, membuat Anda merasa dihargai dan membantu menjernihkan pikiran Anda.

Melepaskan Stress
Ciuman yang dilakukan dengan gairah, dapat mengurangi ketegangan pikiran, mengurangi energi negatif, meningkatkan perasaan bahagia, dan menurunkan  kadar hormon kortisol, yang merupakan hormon pemicu stres.

Menimbulkan Rasa Damai
Berciuman dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan kadar oksitoksin (oxytocin ), yaitu hormon yang membangkitkan rasa tenang dan damai.

Baik untuk jantung
Ciuman dapat menghasilkan zat adrenalin yang membuat jantung Anda memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh.  Sering berciuman telah terbukti secara ilmiah dapat menstabilkan aktivitas kardiovaskular, menurunkan tekanan darah, dan kadar kolesterol. Selain mengurangi potensi infeksi perut, kandung kemih, dan gangguan peredaran darah.

Mengurangi Rasa Nyeri
Air liur ternyata mengandung zat antibodi alami semacam zat anestesi. Selain itu, saat berciuman, mulut juga memproduksi zat endorphin yang 200 kali lebih ampuh dari morfin. Zat-zat ini bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri.

Mengencangkan Wajah
Berciuman mengaktifkan 30 otot wajah sehingga dapat membuat wajah lebih kencang dan menghindarkan pipi kempot serta meningkatkan sirkulasi darah di wajah.

Menurunkan Berat Badan
Riset menyatakan bahwa ciuman yang dilakukan dengan sepenuh hati setiap hari, setidaknya 20 detik, dapat menurunkan kelebihan berat badan.

Potensi Hidup Lebih Lama
Orang yang mencium pasangannya setiap pagi sebelum berpisah, berpotensi hidup 5 tahun lebih lama ketimbang mereka yang tidak melakukannya.Hal ini terkait rasa bahagia, damai dan fungsi mengurangi stress yang ditimbulkan dari aktivitas ciuman.