Selamat Ulang Tahun, World Wide Web! Foto: www

Selamat Ulang Tahun, World Wide Web!

PinkKorset.com – Seperempat abad lalu, tepatnya pada Maret 1989, pakar komputer Inggris bernama Tim Berners-Lee mencetuskan sebuah ide yang akan mengubah dunia.

Ia menulis sebuah paper yang judulnya amat rendah hati, Information Management: A Proposal. Pria yang kemudian mendapat gelar Sir dari Ratu Inggris ini menciptakan apa yang kita ketahui sebagai World Wide Web (WWW).

Internet sendiri sebenarnya sudah ada ketika itu. Tapi hanya terbatas karena digunakan oleh kalangan militer dan ilmuwan komputer. Mereka memakainya untuk sarana komunikasi dan transfer informasi.

Tapi memiliki situs atau alamat untuk setiap situs, sesuatu yang kini kita nikmati dengan begitu mudahnya, merupakan sebuah konsep baru. Asal tahu, tahun lalu internet diakses oleh lebih dari 2,7 miliar orang atau 39% populasi dunia.

Internet mengubah segalanya. Cara kita berkomunikasi, bekerja, belajar, menciptakan, dan bahkan tertawa hanya dengan tiga huruf ‘LOL’, akan terus mengubah tingkah laku manusia.

Banyak orang tak bisa membayangkan hidupnya tanpa internet. Mereka bekerja di internet dan hidup dikelilingi teknologi. Bisa saja, tapi semua akan terasa berbeda. Nyatanya, memang tak semua orang online.