Senangnya Bisa Memilih Menteri! Menteri Indonesia Bersatu II Reshuffle

Senangnya Bisa Memilih Menteri!

PinkKorset.com –  Suara rakyat sangat berarti bagi pemerintahan terkini. Buktinya, masyarakat boleh memilih dan memberi usulan untuk posisi menteri.

Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) kembali membuat gebrakan. Kali ini ia menjaring calon menteri dengan melibatkan masyarakat. Caranya dengan membuat ‘polling’ menteri di fanpage Facebook-nya, Jokowi Center.

Setelah menyusun 34 pos kementerian, Gubernur DKI Jakarta ini mencantumkan nama tiga kandidat menteri pada masing-masing kementerian.

Nama-nama ini diumumkan melalui sosial media untuk dipilih para netizen dalam format poling digital. Selain nama yang sudah tercantum, warga dibolehkan pula mengusulkan nama kandidat menteri disukainya.

Joko Widodo mengaku timnya meminta masukan dari masyarakat mengenai siapa yang pantas kabinetnya. Masyarakat dapat memberi masukan lewat FB. “Kita ini baru minta masukan. Tidak ada salahnya dong minta masukan,” ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (24/7/2014).

Angie, seorang karyawati swasta menuturkan senang dengan sikap Jokowi ini, “Saya merasa suara rakyat lebih didengarkan. Membentuk kabinet itu ternyata tidak semudah kelihatannya, ya.”

Ia pun mengaku akan menggunakan kesempatan ini sebaik mungkin, terutama untuk memperlancar pekerjaannya di industri periklanan.

“Saya mungkin tidak tahu dan tidak kenal semua menteri yang dicalonkan. Tapi paling nggak, saya akan memfokuskan pilihan saya pada kementrian yang berhubungan dengan pekerjaan saya. Seperti misalnya Kemenparekraf dan Kemenkominfo,”katanya.

Sementara Maria, seorang aktivis buruh mengaku akan memilih Rieke Dyah Pitaloka sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Menurutnya, Rieke mengerti soal tenaga kerja dan dia cukup banyak memperhatikan soal kesejahteraan mereka.

“Setiap kali ada kasus tenaga kerja, terutama di luar negeri, Rieke adalah salah satu orang pertama yang bersuara. Saya yakin, dia membela kepentingan kami para buruh,”ujarnya.

Baca juga :
Pilpres Rampung, Pasar Pun Tersenyum
KPU Ketuk Palu, Jokowi Resmi Terpilih